Warga Banyak yang Tak Disiplin, Gugus Tugas Covid-19 Sebut Sulteng akan Jadi Zona Merah

  • Bagikan
Warga di salah satu pasar tradisional di Kota Palu.(Foto:Elkana/FB)

PALU, Kabar Selebes – Semakin bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 di Sulawesi Tengah disebabkan masih tidak disiplinnya warga atas imbauan pemerintah dalam mencegah penularan corona. Gugus Tugas Covid-19 Sulteng khawatir, jika kondisinya masih seperti itu maka bersiap-siap Sulawesi Tengah akan menjadi zona merah pandemic covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tengah dr. Jumriati Yunus mengatakan, hingga kini masyarakat Sulawesi Tengah belum disiplin terhadap imbauan pemerintah. Hal itulah yang membuat angka positif covid-19 di Sulteng terus bertambah.

“Di Sulawesi Tengah hingga kini banyak orang berkeliaran dan tidak displin atas imbauan pemerintah untuk di rumah saja dan tidak berkumpul. Kalau masyarakat tidak disiplin maka jumlah positif corona akan terus bertambah dan dimungkinkan akan menjadi zona merah,” tegas Jumriati Minggu (19/4/2020).

Dia melihat masyarakat tidak patuh pada imbauan pemerintah untuk menggunakan masker dan tidak berkumpul dan bergerombol. Padahal kata Jumriati, tingkat penularan di Sulawesi Tengah sangat tinggi bahkan sekarang penularannya sudah melalui transmisi lokal atau masyarakat sudah saling menulari.

“Sekarang kondisinya, kita tidak tahu siapa saja disekitar kita yang sudah mengidap covid-19. Sehingga penularannya saat ini sudah langsung di tengah-tengah masyarakat,” kata Jumriati.

Dia berharap, dengan mulai diberlakukannya pengetatan penggunaan masker oleh Polres Palu, dimana orang yang kedapatan tidak memakai masker akan disemprot air, akan membuat masyarakat disiplin.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan