Masjid Berbentuk Ka’bah Daya Tarik Baru di Kota Palu

oleh -
Masjid berbentuk Ka'bah di Palu.(Foto:Ifal)

PALU, Kabar Selebes – Jika biasanya masjid itu identik dengan bangunannya berbentuk kubah. Namun berbeda dengan bentuk salah satu masjid di Kota Palu yang  terletak Jalan Serikaya, Lorong Makassar, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat.

Ya namanya masjid Baiturrahim. Masjid ini unik karena bentuk bangunannya seperti kotak menyerupai bangunan Ka’bah.

Menurut Moh Jasmin, salah satu pengurus masjid Baiturrahim Palu mengatakan bangunan masjid yang menyerupai bangunan Ka’bah tersebut dibangun sejak tahun 2017 lalu.

Pembangunan masjid ini merupakan swadaya dari masyarakat yang tinggal di seputaran kompleks masjid tersebut untuk bergotong royong membangun masjid tersebut.

Berkat swadaya masyarakat itulah berdiri bamguna masjid yang berbentuk seperti Ka’bah yang menjadi daya tarik terdiri bagi masyarakat untuk beribadah dan terasa sedang berada di tanah suci.

Selain itu  masjid ini juga dijadikan sebagai wisata religi saat bulan suci ramadhan untuk berswafoto bagi masyarakat.

Namun untuk sementara warga belum diperbolehkan untuk melakukan wisata religi masjid ini mengingat adanya wabah virus corona. Hal itu untuk mencegah penularannya virus tersebut.

Selain itu dari pihak masjid juga mematuhi imbauan dari  Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah untuk tidak melakukan kegiatan keagamaan di masjid selama bulan suci ramadhan.

Masjid dengan bentuk bangunannya menyerupai  Ka’bah hanya ada tiga di Indonesia yakni Subang, Jawa barat, M, Sulawesi Selatan dan Palu, Sulteng.(abd/rkb)

Laporan:Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 8.124 times, 2 visits today)