Dampak Covid-19 UMKM Banggai, Fokus di Usaha Mikro dan Ojek

  • Bagikan

LUWUK, Kabar Selebes – Dinas Koperasi dan UKM Banggai menyampaikan dampak pandemi covid-19 akan fokus pada skala usaha mikro dan tukang ojek mengingat kontribusi terhadap ekonomi begitu besar.

Kadis Koperasi dan UKM Ernaini Mustatim mengatakan kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 211 orang, sedangkan ojek 173 orang yang diambil dari koordinatornya.

Dinas Koperasi dan UKM telah menyalurkan bantuan Beras, Sembako dan Bahan pokok untuk digunakan sebagai Pelaku usaha kecil.

“Kita melakukan instruksi dari Bupati Banggai dan terus lakukan upaya penguatan dalam rangka memastikan UMKM bisa bertahan di saat pandemi ini, saat ramadhan hingga idhul fitri mendatang,” ujar Ernaini Selasa (28/4/2020).

Mengikut intruksi dari Bupati Banggai Herwin Yatim, pandemi covid-19 telah memicu sulitnya mencari bahan baku, terhambatnya produksi dan distribusi hingga sulitnya mencari akses pembiayaan khusus tukang ojek.

“Pembiayaan menjadi salah satu hal penting karena banyak pelaku UMKM sedang terikat dengan kredit, maka itu ada relaksasi serta stimulus pinjaman baru bagi UMKM,” katanya.

Karena kata dia, melalui dana hibah anggaran APBD, syarat yang diberikan harus lengkap misalnya, data KTP dan STNK. (abd/emr)

Laporan : Emay

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan