Masuk 10 Besar PPD, Bupati Poso minta OPD Pertahankan Kinerja

oleh -

POSO, Kabar Selebes – Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah masuk nominasi 10 besar , dalam penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020, yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia.

Melalui penyampaian hasil penilaian tahap II tingkat kabupaten dan kota PPD tahun 2020, dalam surat yang ditandatangani Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas, Dr Ir Hanafi MUP, di Jakarta pada Selasa 28 April 2020, Kabupaten Poso masuk dalam 10 besar dari 416 kabupaten di Indonesia, berdasarkan penilaian teknis dokumen serta presentasi dan wawancara, yang dilakukan secara offline di Jakarta maupun video conference dari aplikasi Zoom for Meeting.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu yang dikonfirmasi Rabu (29/4/2020) mengaku telah menerima surat dari Kemen PPN/Bappenas. Ia mengaku sangat senang atas pencapaian yang diraih oleh Kabupaten Poso, dalam penilaian tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2020.

“Luar biasa. Itu semua berkat kerja keras dan kerja CERDAS, di tunjang oleh kerja sama yang baik antara OPD,” ujar Darmin Sigilipu, saat dimintai tanggapannya, Rabu (29/4/2020).

Berdasarkan surat bernomor 04842/D.9/04/2020, penilaian dilakukan sebagai respon dan dukungan terkait Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020, tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang penetapan bencana nonalam  penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional.

Selain Kabupaten Poso, Kota Palu juga masuk dalam 10 besar dari 98 kota yang menjadi objek penilaian untuk pemerintahan kota. Dengan demikian, Provinsi Sulawesi Tengah memiliki 2 wilayah yang masuk dalam 10 besar dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia.

Karena itu, Bupati Poso meminta kepada seluruh OPD yang ada di Kabupaten Poso untuk mempertahankan kinerja yang baik, terus bekerja keras dan professional, agar dapat memberikan hasil memuaskan dan bisa meraih berbagai penghargaan lainnya.

Untuk penilaian tahap III, yakni verifikasi dan kunjungan lapangan tidak dapat dilaksanakan karena mewabahnya Covid-19 sebagai bencana nasional. Mestinya Kabupaten Poso akan beradu penilaian  dengan 9 kabupaten lainnya, yakni Bangka, Flores Timur, Klungkung, Kuburaya, Musi Rawas, Samosir, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Tanah Datar dan Kabupaten Temanggung. (mm/rkb)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 44 times, 1 visits today)