Masjid Birr Ali, Masjid Bernuansa Candi di Sigi yang Memesona

oleh -
Masjid Birr Ali di Desa Bora, Kabupaten Sigi.(Foto:Ifal)

SIGI, Kabar Selebes – Satu lagi wisata religi di Sulawesi Tengah bisa menjadi rekomendasi. Namanya Masjid Birr Ali yang terletak di Desa Bora, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Masjid ini patut dikunjungi saat melakukan wisata religi di bulan suci ramadhan karena bentuknya unik yang menyerupai candi.

Menurut pengurus Masjid Birr Ali Sigi, Slamet Yulianto, bangunan masjid yang menyerupai candi tersebut berukuran 12X12 meter dengan tinggi menara mencapai 15 meter.

“Awal mula ide dari pembangunan masjid ini ketika sang pemilik masjid berangkat ke  Yogyakarta dan berfoto di sebuah stupa yang ada di sana, ketika kembali ke Sigi dirinya menyeruh untuk membangun sebuah masjid dengan bentuk kubahnya menyerupai candi,”ungkap Slamet pada (29/4/2020).

Namun proses pembangun masjid ini kata Slamet, sedikit unik karena tidak menggunakan gambar sebagai panduan. Dan tukang yang dipakai untuk membangun masjid ini dari Kabupaten Sigi yaitu dari bukan dari Jawa tapi orang lokal dari Desa Langaleso.

Masjid ini dibangun oleh mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sigi, Hanafi Ali Ponulele.

Pasca gempa 28 September 2018 silam tampak dari bangunan masjid mengalami kerusakan seperti plafonnya yang jebol serta dindingnya sedikit mengalami keretakan.

Akan tetapi tidak membuat jemaah masjid tersebut untuk mengurangi beribadah, mereka tetap menjalani ibadah seperti biasa.

Selain dipakai untuk beribadah masjid ini juga salah satu tempat wisata religi di kala datangnya bulan puasa.

“Namun tahun ini agak sedikit sepi warga yang mendatangi masjid ini mungkin dengan adanya wabah virus corona sehingga warga menjadi takut untuk keluar rumah,”ujarnya.

Dirinya menambahkan masjid di gunakan kurang lebih lima kali bulan suci ramadhan sejak rampung pembangunannya.(abd/rkb)

Laporan:Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 273 times, 1 visits today)