Pemkot Palu Refokusing RP 39 Miliar Dana APBD untuk Penanganan Covid-19

Dr. Ahmad Rijal Arma

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Kota Palu melalui Badan Perencanaan Pembanguna Daerah (Bappeda) Kota Palu melakukan refokusing dan realokasi dana anggaran APBD untuk penanganan virus corona.

Kepala Bidang Bappeda Kota Palu, Dr. Ahmad Rijal Arma menyatakan, ada total Rp.39 Miliar refokusing dana yang telah disiapkan untuk penanganan corona untuk saat ini.

BACA JUGA :  Mencuri Motor di Jalan Soekarno Hatta Palu, Mahasiswa Ini Dilumpuhkan Timah Panas Polisi

Penanganan itu terdiri dari tiga aspek penting, yaitu aspek kesehatan, jaring pengaman sosial yang termasuk di dalamnya segi ekonomi masyarakat.

“Rp13, 4 miliar disiapkan untuk jaring pengaman sosial, Rp19,07 Miliar untuk aspek ekonomi, dan sisanya untuk kesehatan,” katanya pada Selasa (5/5/2020).

Refokusing dan realokasi anggaran ini dilakukan berdasarkan intruksi Kementerian Keuangan dan Kementrian Dalam Negeri.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Sediakan 1.000 Alat Rapid Tes Gratis Bagi Keluarga Miskin

Lanjutnya, Refokusing belum termasuk pada modal belanja dan realokasi 50% untuk penanganan Covid-19. Realokasi nantinya kata dia, berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2020 bisa disimpan untuk belanja tak terduga.

“Artinya ada ruang fiskal tak terduga yang telah kita simpan, seandainya ada pemberlakuan PSBB di Kota Palu dana ini bisa kita pakai,” katanya. (abd/ap)

BACA JUGA :  Operasi Patuh Tinombala Berakhir, Polda Sulteng Tindak 1.619 Pengendara

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....