Cegah Covid-19, Pemda Sigi Dapat Bantuan dari Mercy Corps Indonesia

oleh -
Bupati Sigi Mohammad Irwan mencoba hand washing yang merupakan bantuan dari Mercy Corp Indonesia.(Foto:dok)

SIGI, Kabar Selebes – Lembaga kemanusiaan Mercy Corps Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Sigi berupa 25  unit hand washing station, 800 buah masker, 1.600 strip Vitamin C, dan 10 media sosialisasi berupa baliho pencegahan penyebaran COVID-19 pada Rabu (6/5/2020).

Seperti yang diungkapkan Nurdianto, Deputy Program Manager Mercy Corps Indonesia bantuan yang diberikan tersebut dalam upaya bahwa pencegahan penyebaran Covid -19 di wilayah setempat.

Kemudian katanya bantuan penguatan koordinasi antar lembaga yang ikut membantu pencegahan COVID-19, khususnya untuk air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan.

“Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang rentan terhadap Covid 19 terutama yang masih tinggal di huntara di 10 desa. Yang menerima bantuan adalah Desa Mpanau, Desa Lolu, Desa Jono Oge, Desa Sidera, Desa Bora, Desa Kalawara, Desa Kaleke, Desa Padende, Desa Binangga dan Desa Pandere,” jelasnya.

Ia mengatakan bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, dihadiri langsung oleh Bupati Sigi, Mohammad Irawan, dan gugus tugas penanganan COVID-19 di Kabupaten Sigi.

“Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang diberikan oleh Mercy Corps Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan Bupati berharap dalam penanganan pandemik COVID-19 semua unsur terkait harus bekerja sama secara dinamis dan terarah dengan keterlibatan unsur organisasi kemanusiaan seperti Mercy Corps Indonesia.

Dijelasnya, Mercy Corps Indonesia ada di Sulawesi Tengah sejak tahap tanggap darurat hingga tahap pemulihan bencana alam gempa, tsunami dan likuefaksi yang terjadi pada bulan September 2018 lalu.

Disebutnya bantuan yang diberikan oleh Mercy Corps Indonesia, berupa program air bersih, sanitasi dan promosi kebersihan, akses air untuk pertanian, membantu pemulihan ekonomi pertanian, dan saat ini adalah bantuan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

“Dalam merespon pandemi COVID-19 yang telah menyebar secara global termasuk ke Provinsi Sulawesi Tengah, Mercy Corps Indonesia melakukan serangkaian kegiatan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan pandemi ini,” ujarnya.

Ia mengatakan pada level daerah, Mercy Corps Indonesia melakukan usaha meminimalisir memutus rantai transimisi lokal pada masyarakat terdampak di Kabupaten Sigi, melalui bantuan yang diberikan.

Dia tegaskan, Mercy Corps Indonesia akan terus membantu masyarakat di Kabupaten Sigi, baik dalam pemulihan dampak gempa, tsunami dan likuefaksi maupun pencegahan covid-19. 

“Semoga bantuan ini dapat menjadi sarana yang akan digunakan oleh masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan bebas dari covid-19,” katanya.(abd/rkb)

Laporan:Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 99 times, 1 visits today)