Tekan Penurunan Kasus Corona, Kadinkes Palu Perintahkan Puskesmas Bentuk Tim Surveilance Per-Kelurahan

dr. Husaema Kepala dinas Kesehatan Kota palu, saat melakukan Konferensi Pers, pada Sabtu (09/05/2020)

PALU, Kabar Selebes – Kepala Dinas kesehatan Kota Palu dr. Husaema memerintahkan, 14 Puskesmas yang ada di kota Palu untuk membentuk tim Surveylance covid-19 per kelurahan.

Hal ini kata dia, dilakukan guna bekerja sama memantau pelaku perjalanan, Orang Tanpa Gejala (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ada, bersama dengan posko di setiap kelurahan.

“Jangan sampai ada yang terlewatkan oleh tim surveillance dinas kesehatan Kota Palu pada saat melakukan Pemantauan, jangan sampai ada boomerang baru nantinya,” ungkap Husaema pada Sabtu (09/05/2020)

BACA JUGA :  DPRD Minta Pemkot Pastikan Stok Bahan Pokok Aman di Tengah Penyebaran Covid-19

Ia mengharapkan, hasil tim surveilance per kelurahan nantinya, agar ditindak lanjuti oleh tim surveilance dinas kesehatan Kota Palu guna melacak (tracking) jikalau ada pasien yang kedapatan positif di suatu kelurahan.

“Demikian, tim Surveillance Dinas kesehatan Harus merekap, mengkaji dan menganalisa hasil laporan tim surveillance puskesmas” Imbuhnya.

Selain itu untuk lebih menekan angka penularan corona yang menunjukan tren positif beberapa hari belakangan, Ia berharap tim Satgas ditiap perbatasan untuk melakukan screening yang lebih ketat untuk menghindari pelaku perjalanan yang berpotensi menyebarakan Virus Corona.

BACA JUGA :  Huntap Satelit Belum Pasti, Penyintas Petobo Sementara Disarankan Tempati Huntap yang Telah Tersedia

Ia mengharapkan pelaku perjalanan yang berasal dari daerah terpapar seperti Buol dan Morowali, agar dilakukan rapid tes meskipun tanpa menujukan adanya gejala.

“Ini dilakukan agar lebih waspada guna menghindari kasus  asal Morowali sebelumnya, yang hasilnya positif saat melakukan rapid test,” kata dia. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

BACA JUGA :  Pagu Anggaran DAK Non Fisik BOKB Kota Palu Meningkat 2 Kali Lipat di Tahun 2022