PilihanSulawesi Tengah

Renovasi Rampung, Ruang Laboratorium RSUD Anutapura siap untuk Uji Swab Covid-19

964
×

Renovasi Rampung, Ruang Laboratorium RSUD Anutapura siap untuk Uji Swab Covid-19

Sebarkan artikel ini
Laboratorium RSU Anutapura Palu sudah siap.(Foto: Humas Pemkot)

PALU, Kabar Selebes – Renovasi Ruang Instalasi laboratorium Khusus untuk uji SWAB di RSUD Anutapura Palu telah rampung 100 persen.

Plt. Direktur RSUD Anutapura Palu drg. Herry Mulyadi mengungkapkan ruangan sudah siap digunakan untuk uji Swab Corona, tinggal menunggu Catridge untuk pemeriksaan Sampel dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

BACA JUGA :  RS Tora Belo Sigi Dipertimbangkan jadi Tempat Isolasi Pasien ODP dan PDP

“Catridge dari pusat ternyata siap membantu tinggal pemerintah kota Palu menyiapkan tempat yang steril,” ungkapnya baru-baru ini.

Kepala Instalasi Lab dr. suriyanti menyatakan, ruang untuk sementara harus diassesment oleh pihak Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah.

“Jika memenuhi syarat, pemeriksaan Swab yang menggunakan sampel cairan siap dilaksanakan,” katanya pada Senin (11/05/2020).

BACA JUGA :  Warga Poso Masuk ODP, Pemda Sebut Dua Warganya Negatif Covid-19

Dalam proses renovasi, pemkot melalui walikota Palu menggelontorkan anggaran sejumlah Rp. 250 Juta.

Dengan rampungnya ruang lab di RSUD Anutapura, rumah sakit daerah Sulawesi Tengah yang akan bisa melakukan tes swab tentunya bertambah, dimana sebelumnya RSUD Undata telah bisa melakukan uji swab.

Dengan adanya hal tersebut, tentunya mempermudah langkah strategis mengetahui penyebaran covid-19. Sebelumnya sampel swab harus dikirim terdahulu ke Makassar atau Jakarta yang notabenenya menunggu dalam jangka waktu yang lama.(abd/ad/put)

BACA JUGA :  PDP Poso yang Meninggal Telah Dimakamkan, Tim Covid-19 Menunggu Hasil Swab

Laporan : Adi Pranata/Putra Yosvidar