Tujuh Pasien Positif Corona di Palu Sembuh, Seluruhnya di Sulteng Sudah 20 Orang

  • Bagikan
RSUD Anutapura Palu (Foto:KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 di Kota Palu bertambah menjadi 7 orang per hari Rabu (13/05/2020).

Data dari tim surveilance covid-19 Kota Palu menunjukan, ada 5 pasien yang dinyatakan sembuh per hari ini. Pasien tersebut diantaranya, 3 orang dirawat di RSUD Anutapura dan 2 lainnya dirawat di RSUD Undata.

Berdasarkan keterangan drg. Herry Mulyadi selaku Plt. Direktur RSUD Anutapura, 3 orang pasien yang dinyatakan sembuh di RSUD Anutapura, merupakan satu keluarga positif covid dan telah 2 kali dilakukan uji Swab.

“Pasien yang sembuh satu keluarga, yaitu satu pasien berinisial W beserta ke 2 orang anaknya,” katanya saat dihubungi pada Rabu (13/05/2020).

Sesungguhnya kata dia, inisial W memiliki tiga orang anak yang dinyatakan positif dan telah dirawat, tetapi kata Herry, 1 anak dari W baru satu kali menjalani tes Swab PCR. Meski hasil tes negatif, karena sesuai prosedur harus dilakukan uji Swab 2 kali, maka pasien harus menunggu hasil swab yang sedang dikirim.

“Secara teknis, 4 pasien tersebut telah menjalani perawatan kurang lebih selama 40 Hari dan kondisinya sangat baik, Insyallah besok pak Widodo beserta anaknya kita akan pulangkan,” kata dia.

Meski dipulangkan lanjutnya, pasien terlebih dahulu tetap akan menjalani isolasi mandiri selama 14 Hari dirumah.

“Semoga ini menjadi berkah dan masyarakat dapat menerima pasien yang dinyatakan sembuh,” pungkasnya.

Sementara itu untuk 2 orang pasien lainnya  yang dinyatakan sembuh di RSUD Undata, dr. Amsyar Praja selaku wadir pelayanan rumah sakit menyatakan, pasien yang sembuh telah dipulangkan kerumahnya masing-masing.

“Hari ini mereka telah dipulangkan ke rumahnya,” kata dia saat dikonfirmasi via Whatsapp.

Atas penambahan pasien yang sembuh dari belenggu corona, dr. Husaema selaku kadis Kesehatan Kota Palu mengapresiasi tim medis kesehatan kota Palu. Hal ini kata dia, menjadi suatu kemajuan ditambah dengan pasien OTG dan ODP kota Palu yang dinyatakan bebas covid setelah dilakukan perawatan.

“Pasien sembuh di Pondok perawatan ODP dan OTG ada 6 orang hari ini, mereka telah 2 kali dilakukan tes Swab PCR,” katanya.

Dengan bertambahnya pasien yang bebas covid-19 di Kota Palu, tertanggal 13 Mei 2020, dari 17 yang diketahui positif, jumlah pasien sembuh di kota Palu menjadi 7 Orang,  2 orang meninggal dunia dan 8 orang lainnya masih menjalani perawatan.

Sementara itu, secara keseluruhan di Sulawesi Tengah jumlah pasien positif corona yang sembuh sudah mencapai 20 orang.

Juru Bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng Moh. Haris Kariming mengatakan, 20 pasien positif yang sembuh itu berdasarkan hasil dua kali hasil swab di laboratorium.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulteng khususnya untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 untuk tidak dikucilkan. Mereka dalam keadaan sehat dan dapat diterima untuk bersosialisasi / bergaul seperti masyarakat yang lain dengan tetap berpedoman pada protokol covid-19,” tandas Haris.(abd/ap)

Laporan : Adi Pranata/Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan