SMP Al-Azhar Mandiri Palu Manfaatkan E-Learning dalam Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas di Masa Pandemi Covid-19

oleh -
Siswa SMP Al-Azhar menerima materi pelajaran TIK. (Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – SMP Al-Azhar Mandiri Kota Palu akan menggunakan metode Dalam Jaringan (Daring) melalui sistem E-learning dalam pelaksanaan ujian kenaikan kelas 7 dan 8 nantinya.

“InsyaAllah ujian akan dilaksanakan pada pekan kedua Juni 2020” kata Ari Pratama selaku wakil Kepala sekolah SMP Al Azhar pada Selasa (19/5/2020)

Sistem E-Learning sebelumnya juga dimanfaatkan oleh SMP Al-Azhar dalam pembelajaran Online selama masa belajar dari rumah ditengah pandemi covid-19.

Lanjut Ari, sistem E-learning di SMP Al-Azhar juga berisikan fitur yang memungkinkan untuk memaksimalkan pelaksanaan ujian.

“Bahkan seminggu yang lalu, sistem E- Learning SMP Al-Azhar sudah di upgrade oleh Guru TIK kami, dimana telah tersedia fitur tatap muka secara Virtual” Ungkap Sir Ari sapaan akrabnya.

Demikian kata dia, prosesi pelaksanaan ujian tetap berjalan seperti biasa, yang membedakan hanya para peserta didik mengerjakannya dari rumah masing-masing.

“Ujian kami jadwalkan seperti biasa yaitu 2 mata pelajaran dalam 1 hari, dan soal yang dikerjakan dengan terbatas sesuai waktu yang telah ditentukan” Paparnya lebih lanjut.

Selain itu Ari juga mengatakan, telah mengantisipasi segala kendala yang tak terduga selama adanya pembelajaran dan ujian dalam jaringan (Daring). Seperti kendala jaringan dan juga perangkat pendukung yang digunakan siswa untuk mengakses E-learning.

“Kita sudah siapkan beberapa opsi, yang jelas tidak hanya tugas, bisa juga diberikan kesempatan ujian susulan, semua tergantung pada situasi” Ungkapnya. 

Meski demikian, selama evaluasi berlangsungnya pembelajaran online, SMP Al-Azhar bisa memastikan bahwa semua peserta didik telah dapat mengakses E-learning.

Sementara itu, untuk sistem kelulusan siswa kelas 9, guru-guru SMP Al-azhar telah bersepakat akan menggunakan sistem portofolio. Sistem kelulusan ini merupakan beberapa opsi sistem penilaian ujian kelulusan selama masa pandemi Covid-19 yang ditentukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

“Hasil kelulusan akan kami bahas pada rapat dewan guru pada tanggal 2 juni 2020 mendatang” Tutup Ari. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....