Palu, Buol dan Poso sudah Transmisi Lokal, Gugus Tugas Covid-19 Sulteng: Baiknya Rapid Test Massal

oleh -
Jumriani Jubir Gugus Tugas Covid Sulteng

PALU, Kabar Selebes  – Juru Bicara Teknis Gugus Tugas Penangan Covid -19 Provinsi Sulawesi Tengah, dr. Jumriani Junus  Kamis, (28/5/2020) menyebut Kota Palu, Kabupaten Buol dan Kabupaten Poso sudah masuk pada transmisi local penyebaran Covid-19.

Jumriani  mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulteng mengatakan, ditetapkannya tiga wilayah itu sebagai transmisi lokal maka perlu dilakukan rapid test secara massal di tiga wilayah dimaksud .

“Yang menyatakan daerah tersebut masuk zona transmisi lokal adalah hasil penelitian epidemologi yang dilakukan oleh daerah tersebut dalam hal ini Dinkes Kota Palu, Poso dan Buol yang dilaporkan ke Pusat sehingga atas hasil penelitian tersebut, pusat menetapkan daerah tersebut sebagai daerah zona transmisi lokal,” kata Jumriani. 

Jumriani menyampaikan, agar ada kepastian penyebaran Covid-19 di Sulawesi Tengah, sehingga perlu dilakukan rapid test secara massif.

“Syukur beberapa daerah sudah melaksanakan rapid test secara masif seperti Buol, Tolitoli, Poso, Parigi Moutong dan beberapa daerah lainnya dan Gugus Tugas Provinsi menyuport pelaksanaanya,” lanjutnya.

Namun dr. Jumriani menepis adanya pendapat yang menyebut Dinkes Propinsi Sulteng melakukan intervensi  terhadap Kota Palu untuk melakukan rapid test masif.

“Memang benar di daerah yang masuk transmisi kokal, Buol, Poso dan Kota Palu diimbau untuk melakukan rapid tes secara masif, bukan hanya kota Palu,” jelasnya.

Rapid test massal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya orang tanpa gejala (OTG) yang akan menjadi penyebab penularan, sehingga dikhawatirkan akan terjadi penularan yang sangat besar.

“Pelaksanaan rapid test akan didukung sepenuhnya oleh Gugus Tugas Covid -19 Provinsi Sulteng,” tandanya.(abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 210 times, 1 visits today)