Persiapan New Normal, Pemkot Palu Pasang 11 Bilik Disinfektan di Dua Pasar

oleh -
Salah satu bilik disinfektan di pintu masuk pasar Masomba Kota Palu. Bilik disinfektan disediakan oleh dinas perdagangan dan perindustrian Kota guna mengurangi penyebaran Covid-19 yang rawan terjadi di Pasar. (Foto:Adi Pranata)

PALU, Kabar Selebes – Terkait dengan akan diberlakukan New Normal, Pemerintah Kota Palu mengambil tindakan dengan menerapkan kembali program pola hidup sehat (PHS) kepada masyarakatnya dengan memasang bilik disinfektan di dua pasar tradisional serta pusat perbelanjaan. hal itu guna mencegah penularan wabah virus corona yang hingga kini masih meresahkan.

Bilik disinfektan disediakan di tiap pintu masuk pasar ditujukan bagi para pedagang dan konsumen guna mengurangi penyebaran virus Covid19.

Para pedagang pasar saat ditemui tim Kabarselebes.ID mengakui bilik disinfektan mulai difungsikan pada hari Rabu (27/05/2020).

“Saya kalau sepi pembeli, biasa bantu ba tindis mesin disinfektan untuk para pembeli,” ujar Heri salah satu pedagang di Pasar Masomba.

Kepala dinas Disperindag Kota Palu Syamsul Saifudin  menyatakan, pemasangan bilik disinfektan merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19 yang rawan terjadi di pasar.

Ia mengatakan untuk saat ini sudah ada sekitar 11 unit bilik disinfektan yang di pasang di dua pasar tradisional yakni Manonda dan Masomba.

Lanjut, kata Syamsul pasar Manonda sendiri di pasang sebanyak 7 unit bilik disinfektan sementara Masomba 4 unit.

Bilik disinfektan tersebut dipasang di setiap pintu masuk ke pasar agar masyarakat lebih mudah untuk menggunakannya sebelum masuk ke dalam pasar.

“Disamping itu kami juga menyiapkan tempat pencuci tangan untuk masayarakat,”ujarnya.

Dirinya juga mengimbau pada masyarakat khususnya para pedagang dan pembeli saat berada di luar rumah untuk selalu mengenakan masker agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

Sementara untuk pusat perbelanjaan sendiri secepatnya kami akan memasang bilik disinfektan tersebut dalam waktu dekat ini.

“Tolong prasarana yang telah diberikan agar dimanfaatkan dengan baik,” katanya pada Rabu malam.

Ia mengharapkan agar bilik disinfektan dan juga wastafel pencuci tangan yang disediakan agar dipantau dan dirawat dengan baik oleh petugas pasar.

“Tolong dipantau, dan agar air untuk wastafel maupun bilik selalu disediakan,” pungkasnya. (abd/rkb/ap)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang / Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 117 times, 1 visits today)