Sempat Dirawat di Palu, Dua Pasien Poso Klaster Gowa Kini Sembuh dari Covid-19

  • Bagikan
Dua pasien positif corona asal Poso yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan.(Foto: DOk FB Herry Mulyadi)

POSO, Kabar Selebes  – Dua pasien positif covid-19 asal Poso yang dirawat di RSU Anutapura Palu kini dinyatakan sembuh. Kedua pasien itu adalah pasien 07 S (34) dan pasien 08 H (40) merupakan warga Kecamatan Lore Utara dan Kecamatan Lore Timur, kedua pasien tersebut riwayat pelaku perjalanan klaster Gowa, Sulsel.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, dr.Marwan Neno mengatakan, dari hasil perkembangan Swab PCR yang diterima, kedua pasien itu telah diperbolehkan pulang.

“Dari perkembangan hasil Swab yang kita terima hari ini Rabu 3 Juni 2020, kedua pasien asal Poso yang terkonfirmasi virus corona di rawat di Palu sudah sembuh dan diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing,” ucap Marwan Neno kepada wartawan dalam konferensi pers.

Menurut dr.Marwan, dari total 12 kasus yang terkonfirmasi covid-19 di Poso sudah ada tujuh orang dinyatakan sembuh. Dan saat ini masih ada lima pasien positif tengah dirawat di RSUD Poso.

“Dari total 12 kasus yang terkonfimasi positif covid-19, tujuh orang sembuh. Dan masih ada lima orang yang dirawat di RSUD Poso,” jelasnya.

Bupati Poso, Darmin Sigilipu selaku ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan, khusus di wilayah Poso saat ini dalam dua Minggu terakhir belum ada penambahan kasus baru soal covid-19

Kata Darmin, hal itu dikarenakan adanya peran semua pihak baik dari pemerintah, masyarakat yang sama-sama terlibat aktif dalam mencegah penularan covid-19.

“Perlu diingat kami bekerja semaksimal mungkin, bekerja sebaik mungkin hanya untuk menyelamatkan satu nyawa manusia,” ucap Darmin.

Selain ada penambahan pasien yang sembuh, tertanggal Rabu (03/06/20) jumlah kasus orang dalam pengawasan (ODP) total 26, selesai dipantau dua orang, saat ini dipantau berjumlah tiga orang.

Untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) kini berjumlah nol kasus, pelaku perjalanan total 9602 orang selesai dipantau 8732 dan orang tanpa gejala (OTG) total 180 orang, selesai dipantau 147 orang, saat ini dipantau berkurang menjadi 33 orang.

Sementara itu Plt. Direktur RSUD Anutapura Palu, drg. Herry Mulyadi menyatakan kedua pasien asal Napu tersebut awalnya ditetapkan sebagai status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dititip oleh Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Tengah untuk dirawat di rumah sakit yang dipimpinnya.

“Kami ditugaskan merawat pasien titipan dari Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Tengah melalui Kepala Dinasnya, kami langsung menyatakan siap,” kata Herry Mulyadi Rabu.

Ia sangat mengapresiasi kinerja para tim medis di RSUD Anutapura yang telah tulus dan ikhlas merawat pasien semaksimal mungkin baik dari maupun luar kota Palu meskipun dengan segala keterbatasan.

“Tim medislah yang bekerja keras walaupun mereka tidak pernah bertemu dengan keluarganya,” katanya.

drg. Herry berpesan kepada pasien yang telah dinyatakan sembuh tersebut agar menahan diri untuk tetap berada di rumah selama 14 hari, jangan dulu kemana-mana.

“Saya berharap kedua pasien ini setelah tiba di Napu, bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Karena ini bukan aib, jadi kita harus seperti biasa,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang pasien yang telah dinyatakan sembuh bernama Saifudin mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah Swt dan terima kasih kepada para tim medis yang telah merawat dirinya bersama rekannya di RSUD Anutapura Palu.

“Alhamdulillah kami dirawat dengan baik dan diberikan tempat yang begitu layak. Kami juga memohon maaf apabila ada kesalahan dari kami,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, drg. Herry bersama tim medis Covid-19 RSUD Anutapura Palu memberikan bantuan sembako berupa minyak goreng, gula, ikan kaleng, kopi, teh dan lainnya kepada kedua pasien yang akan dipulangkan.(abd/rdm/imr/juf/put/hen)

Laporan : Ryan Darmawan/Putra Yosvidar

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan