565.976 Masyarakat Sulawesi Tengah Berpartisipasi Dalam SP Online 2020

gedung bps Sulteng

PALU, Kabar Selebes – Selama pendataan Sensus Penduduk (SP) Secara Online, Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Tengah mencatat 565.976 masyarakat yang telah berpartisipasi.

Hal ini disampaikan BPS Sulawesi Tengah pada Rilis Pers Online pada Selasa (03/06/2020).  Pada keteranganya, BPS menyatakan Pendataan secara online dimulai pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020 pukul 23:59 WITA.

BACA JUGA :  Pencuri Barang Elektronik di Rumah Makan di Palu Barat Dilumpuhkan Polisi

“Perlu dicatat belum hasil ini belum menggambarkan jumlah masyarakat secara keseluruhan, belum semua tercover,”kata Kabid Provinsi Sulawesi Tengah Ir. I Nyoman Dwinda, M.Si.

Lanjutnya, untuk masyarakat yang belum terdata pada SP Online, agar berpartisipasi dalam pendataan selanjutnya yang akan dilaksanakan pada bulan september 2020.

“Berikutnya, pendataan bukan lagi secara online, tapi door to door,” terangnya lebih lanjut.

BACA JUGA :  Silaturahmi ke Markas Wartawan, Danrem Tadulako Brigjen Farid Ma'ruf Minta Dukungan Pemberitaan

Pendataan akan dilakukan oleh kurang lebih 247 ribu  petugas yang tersebar diberbagai kabupaten Kota Sulawesi Tengah dan melibatkan Rt dan Rw.

Pada mekanismenya, petugas sensus akan menyampaikan kuesioner (drop off) untuk di isi secara manual oleh penduduk, setelah diisi akan kembali di-pick up oleh petugas sensus.

Meski demikian, akibat kondisi masih dalam keadaan darurat covid-19, metode pendataan akan tetap dikondisikan sesuai dengan kondisi perkembangan.

BACA JUGA :  Pasien Sembuh dari Covid-19, Kadinkes Palu: Jangan Dikucilkan

Keberhasilan Pendataan secara online menjadi kebahagiaan tersendiri bagi BPS Sulteng, Pasalnya pertama kali dalam sejarah pendataan penduduk 10 tahun sekali tersebut dilakukan secara  online. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....