Cegah Krisis Pangan akibat Covid-19, Pemda Sigi Lakukan Penanaman Bahan Pangan Cadangan

oleh -

SIGI, Kabar Selebes – Untuk mencegah terjadinya krisis pangan akibat pandemi covid-19, Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan penanaman  bahan pangan cadangan berupa jagung.

Penanaan perdana jagung itu dilakukan Bupati Sigi Muhammad Irwan di lahan penanganan pandemi covid 19, yang terletak di Desa Sidondo IV Kecamatan Sigi Biromaru Kamis  (4/6/2020).

Penanaman perdana ini merupakan bagian dari tindak lanjut dari Tim Gugus Tugas beberapa waktu lalu.

 “Ada beberapa hal yang harus kita fikirkan ditengah pandemi covid-19 ini yaitu terkait dengan pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan pada saat covid-19, terkait penguatan ekonomi, salah satu inovasi Pemerintah Daerah yaitu dengan melihat peluang-peluang yang ada di Kabupaten Sigi,” kata Irwan.

Ia menambahkan, daerah kabupaten Sigi memiliki potensi yang sangat baik, khususnya lahan-lahan pertanian.

“Dengan mengadakan program pembelian beras sejumlah 2 ton melalui dana desa dan memanfaatkan lahan yang ada di desa dengan target setiap desa menyiapkan lahan seluas 3 hekatar yang ditanami tanaman hortikultura seperti sayur, tomat, rica yang bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat di masa pandemi ini, hal itu adalah langkah yang saat ini kita ambil sebagai pemerintah,”jelas Irwan.

Penanaman hortikultura ini merupakan kerja sama dari tim pertanian yaitu BPP dan penyuluh kemudian dana desa disiapkan oleh kepala desa sehingga semua ini dapat dikoordinasikan secara teknis.

 Selanjutnya kata dia daerah ini memiliki angka stunting yang luar biasa artinya daerah ini harus keluar dari angka stunting yang ada dibeberapa wilayah.

“Ini juga termasuk salah satu upaya kita secara tidak langsung, sehingga saya berharap agar seluruh stackholder berperan aktif dalam menyelesaikan persoalan stunting ini dan berharap kepada semua OPD terkhusus Dinas Pertanian agar melakukan koordinasi dengan BPP dan para penyuluh serta kepala desa dikoordinir oleh Camat,” tutupnya.(abd/are)

Laporan : Arfiah Efendi

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 101 times, 1 visits today)