Rakornas Kadis Kominfo Se-Indonesia, Perkuat Kelembagaan dengan DAK dan Dana Insentif Daerah

oleh -

MOROWALI, Kabar Selebes – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) secara virtual bersama seluruh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) se-Indonesia digelar pada Kamis (11/6/2020).

Kepala Dinas Kominfo Daerah Kabupaten Morowali, Syahrur, diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Daerah Kabupaten Morowali, Husni Rais.

Rakornas bertajuk ”Peran Kominfo Menyatukan Negeri” digagas Forum Komunikasi (Forkasi) Kepala Dinas Kominfo se-Indonesia.

Kegiatan dipimpin Ketua Umum Forkasi Kadis Kominfo se-Indonesia, Haris Suparto Tome, yang diikuti sejumlah lembaga dan kementerian. Diantaranya, Kementerian Kominfo, Kemendagri, Bappenas, Kemenkeu, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Kominfo Daerah seluruh Indonesia.

Ketua Umum Forkasi, Haris Suparto Tome mengatakan, bahwa diskusi Rakornas merupakan gagasan dari seluruh Dinas Kominfo untuk mensinergikan program kerja antara Kominfo pusat dan daerah.

‘’Di saat pandemi Covid-19 melanda negeri ini, seluruh kegiatan pemerintahan di daerah bertumpuk pada Dinas Kominfo, dalam rangka memfasilitasi video conference atau pertemuan-pertemuan virtual,” jelas Haris Suparto Tome.

“Di saat bersamaan Dinas Kominfo harus mengikhlaskan anggarannya untuk direfocusing dan direalokasi kembali. Walaupun tanpa refocusing, anggaran kita terasa sangat minim di daerah. Olehnya, mari kita sinergikan program kerja Kominfo pusat dan daerah di masa pandemi Covid-19,’’ ungkapnya.

Selama ini, beberapa hal yang sering didiskusikan adalah bagaimana peran pemerintah pusat dalam memperkuat Kominfo di daerah. Menyebarluaskan informasi dan menangkal informasi yang tidak benar.

Olehnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo diharapkan untuk memperkuat kelembagaan Dinas Kominfo pusat dan daerah, dengan memberikan dana DAK, dana insentif daerah maupun tugas pembantuan.

”Dinas Kominfo merupakan satu-satunya organisasi perangkat daerah (OPD) di negara ini, yang belum pernah merasakan DAK maupun tugas pembantuan dari Kementerian yang selama ini menaungi Dinas Kominfo,” ujar Haris.

Olehnya, melalui Rakornas, diharapkan kepada Kementerian terkait untuk dapat memfasilitasi melalui DAK, dana insentif daerah, dan tugas pembantuan.

“Ini untuk memperkuat kelembagaan Dinas Kominfo se-Indonesia,’’  tutupnya. (abd/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 118 times, 1 visits today)