PilihanSulawesi Tengah

Pemkot Diminta Beri Perlindungan Bagi Kelompok Rentan Beresiko Covid-19

776
×

Pemkot Diminta Beri Perlindungan Bagi Kelompok Rentan Beresiko Covid-19

Sebarkan artikel ini
Muthmaina Korona

PALU, Kabar Selebes – Ketua Komisi A bidang Pemerintahan dan Kesra DPRD Kota Palu, Mutmainah Korona meminta, pendataan dan memberikan pelayanan khusus bagi kelompok rentan, yang memilki resiko paling tinggi pada masa pemberlakuan New Normal pandemi covid-19 kepada Pemerintah Kota Palu melalui dinas terkait harus melakukan pendataan.

“Tiga kelompok rentan itu adalah para orang tua jompo, para penderita sakit kronis dan para ibu hamil,” ungkapnya, Kamis (18/06/2020).

BACA JUGA :  Gaji Maret dan April Seluruh Anggota Fraksi PKS Dipotong untuk Penanganan Corona

Skema terkait perhatian terhadap ketiga kelompok itu harus segera disusun.

“Skema harus segera dilakukan dimulai dari mendeteksi dan mendata sebaran ketiga kelompok rentan tersebut,” imbuhnya.

Menurutnya, upaya preventif tertularnya virus tiga kelompok rentan harus dilaksanakan. Agar di ketahui berapa jumlah yang mengalami resiko dan seperti apa program intevensi yang harus di lakukan.

BACA JUGA :  Warga Banyak yang Tak Disiplin, Gugus Tugas Covid-19 Sebut Sulteng akan Jadi Zona Merah

Salah satunya adalah memberikan edukasi mengenai proteksion terhadap diri dengan memberikan  APD khusus buat mereka seperti masker dan hand sanitazer ketika harus bepergian. Mereka adalah warga yang menurutnya harus sering di datangi oleh petugas medis termasuk melibatkan para relawan kesehatan masyarakat yg bisa membantu program pemerintah.

“Disinilah pentingnya dilakukan pendataan dan pengawasan atau tracking sebaran kelompok rentan tersebut,” katanya.

BACA JUGA :  Wali Kota Sebut Kasus Covid -19 Mengalami Kenaikan di Palu

Dia menambahkan, salah satu poin terpenting dari skema ini adalah, Pemkot harus menyediakan anggaran khusus untuk intervensi kepada kelompok rentan dari pendekatan edukasi, pengadaan alat perlindungan khusus standar sesuai dengan protokol kesehatan. Salah satunya mengaktifkan pospindu sebagai media edukasi covid 19 dan pelayanan kesehatan intesif utk pencegahan covid 19.(abd/sob)

Laporan : Mohammad Sobirin