Pengurusan Dokumen Kependudukan di Sigi Dipadati Warga, Kadis Dukcapil Imbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Pasobomongan Kumila

SIGI, Kabar Selebes – Pengurusan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sigi hingga kini masih dipadati oleh warga. Sehingga pihak dinas meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kepala Dinas Dukcapil Sigi Pasobomongan Kumila mengimbau masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan.

“Saya heran ini kenapa masih membludak saja tidak ada pengurangan sama sekali masyarakatnya, baik pengurusan kartu keluarga, maupun perekaman e-KTP,” tutur Pasobomongan, Kamis (18/6/2020).

BACA JUGA :  Upaya BI Cegah Inflasi Melalui Sumur Artesis

Ia mengatakan bahwa Disdukcapil Sigi pasca awal pandemi hingga saat ini tidak ada pengurangan pencetakan baik kartu keluarga maupun e-KTP. Padahal sebelumnya pihaknya sudah mengimbau hanya masyarakat yang berpindah domisili maupun merubah status saja yang diutamakan pelayanannya, namun kenyataannya  tidak.

Masih membludak perekam e-KTP dan pembuatan kartu keluarga menurut Pasobomongan dikarenakan syarat penerima bantuan covid-19 dari pemerintah harus memiliki data yang lengkap. Hal ini yang membuat masyarakat masih berbondong-bondong membuat dokumen kependudukan tersebut

BACA JUGA :  Pemda Sigi Siapkan Lokasi Pemakaman Jenazah Covid-19

“Mau diapa mereka kan butuh, karena syarat penerimaan bantuan covid-19 dari pemerintah ini kan data kependudukannya harus lengkap jadi mau tidak mau harus kita layani,” tuturnya lagi.

Saat ini Disdukcapil Sigi per-hari nya harus mencetak 80 kartu keluarga dan 100 bahkan lebih untuk e-KTP sesuai permintaan masyarakat.

“Masih sama seperti hari-hari sebelum pandemi ini kita cetak sekitar 80-an kartu keluarga dan seratus lebih e-KTP, yang penting masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan tetap menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak, kami dari Disdukcapil tetap akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tutupnya.(abd/are)

BACA JUGA :  ACT Sulteng Perluas Cakupan Wilayah Implementasi Program MPPI

Laporan : Arfiah Efendi

Silakan komentar Anda Disini….