Demi Keselamatan, Tahun Ajaran baru Pembelajaran di Poso Gunakan Metode Jarak Jauh

oleh -
FOTO : Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso, Fuad Amhar Abdullah

POSO, Kabar Selebes– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, Sulteng dalam waktu dekat akan menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi covid-19 saat ini.

Surat edaran itu terkait tindak lanjut keputusan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat menjadi prioritas utama.

Ditemui diruang kerjanya, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso, Fuad Amhar Abdullah mengatakan, demi mengutamakan kesehatan dan keselamatan disaat pandemi covid-19 dalam waktu dekat pihaknya akan menerbitkan surat edaran tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran.

Menurutnya, dengan melihat kondisi wilayah Kabupaten Poso yang belum memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, sehingga kemungkinan pembelajaran metode jarak jauh masih menjadi pilihan utama pada tahun ajaran baru 2020/2021 sampai ada perubahan situasi dan dukungan informasi selanjutnya.

Kata Fuad, jika komposisi edaran nantinya akan memuat beberapa hal diantaranya mekanisme pembelajaran jarak jauh masih tetap berpedoman pada SE Mendikbud Nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran covid-19.

Guru maupun tenaga pendidik dituntut agar mempersiapkan bahan materi mengajar sederhana, yang nantinya mampu memberi pemahaman dan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik tanpa terbebani menuntaskan seluruh capaian kurikulum.

Fuad menyampaikan, dalam surat edaran itu tak hanya menyampaikan soal teknis pembelajaran saja, namun soal penggunaan dana BOS serta BOP Paud yang flexibel maximum saat kondisi pandemi covid-19 sesuai dengan Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 tentang Perubahan Juknis BOS dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2020 tentang perubahan Juknis BOP Paud dan Kesetaraan di masa kedaruratan covid-19, dimana penggunaannya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, pembelanjaan dukungan protokol kesehatan seperti sabun, tempat cuci tangan, hand sanitizer, masker dan lainnya juga besaran kompensasi bagi guru honor.

“Diharapkan nanti dengan terbitnya SE dari Kepala DInas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso bisa dipedomani untuk seluruh satuan pendidikan serta bisa menjawab misteri pembelajaran saat memasuki tahun ajaran baru di Kabupaten Poso yang dimulai 13 Juli tahun 2020, juga tidak membebani keluarga peserta didik mengingat kondisi ekonomi yang terpukul keras selama masa pandemic covid-19 ini,” ucapnya.Jumat (19/06/20).(abd/fma/rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 1.493 times, 1 visits today)