MUI Sumut Imbau Warga Salat Sunah Saat Gerhana Matahari Sebagian Besok

oleh -
Ilustrasi gerhana matahari (Foto: Grandyos Zafna)

Medan, Kabar Selebes – Gerhana matahari sebagian diprediksi akan terlihat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) besok. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut mengimbau agar warga melaksanakan salat sunah gerhana saat fenomena itu terjadi.

“Seperti yang lalu-lalu, kita mengimbau agar masyarakat luas melaksanakan salat sunah gerhana matahari,” ujar Sekretaris MUI Sumut Ardiansyah, Sabtu (20/6/2020).

Ardiansyah mengatakan gerhana matahari merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Dia berharap dengan adanya gerhana ini menjadi pertanda kebaikan bagi manusia.

“Karena gerhana matahari merupakan tanda kekuasaan Allah SWT di alam semesta. Mudah-mudahan tanda ini membawa kebaikan kepada kita, dan Allah SWT segera mengangkat kesulitan yang kita hadapi,” ucapnya.

Ardiansyah menjelaskan pihaknya akan melakukan salat sunah gerhana matahari berjemaah di masjid yang ada di kantor MUI Sumut. Dia mengimbau agar warga melaksanakan salat di masjid terdekat dari rumah.

“Kalau kita di Majelis Ulama melaksanakannya di masjid kantor Majelis Ulama. Dan kita mengimbau jemaah masjid melaksanakannya di masjid masing-masing,” jelasnya.

Sebelumnya BMKG menyebut gerhana matahari cincin hanya akan terlihat sebagian di wilayah Sumut besok. Gerhana ini dikategorikan gerhana matahari sebagian.

“Gerhana yang teramati dari Sumut pada Minggu (21/6) berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam (Nias Selatan) hingga 0,189 di Stabat (Langkat),” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tuntungan, Teguh Rahayu.

“Secara umum, gerhana di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB,” jelasnya.

Sumber : Detik.com

Silakan komentar Anda Disini....