KPU Palu Kembali Sosialisasikan Tahapan Pilkada Serentak

oleh -

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum Kota Palu, kembali mensosialisasikan tahapan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak melalui rapat koordinasi, Selasa (23/06/2020).

Ketua KPU, Agussalim Wahid dalam sambutannya menjelaskan ada beberapa skenario yang diterapkan ditengah Pandemi Covid-19, diantaranya menyangkut jadwal pemungutan suara yang bergeser ke 9 Desember.

Dalam pelaksanaannya, KPU juga akan menggandeng tim gugus tugas Covid-19. Dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya saat dilakukan pendataan secara langsung seperti pencocokan data pemilih.

“Kami mengusulkan nantinya semua penyelenggaraan hingga ditingkat bawah dilakukan rapid tes. Semoga hal ini dapat direspon oleh pemerintah. Karena untuk mencegah kekhawatiran masyarakat,” kata Agus.

Peran aktif media juga diharapkan Agus. Sebab tidak menutup kemungkinan penyebaran hoax akan semakin tinggi pada tahapan pelaksanaannya.

“Kami juga berharap masyarakat melakukan saring sebelum sharing. Makanya kami banyak menggandeng media pada pelaksanaan tahapan ini,” imbuhnya.

Para bakal calon juga diharapkan aktif untuk memberikan pendidikan politik, dengan mematuhi protokol kesehatan, dengan harapan tingkat partisipasi pemilih dapat meningkat.

“Partisipasi pemilih bukan hanya menjadi tanggung jawab kami. Tapi juga menjadi tugas dari bakal calon yang nantinya maju. Sebab saat ini masyarakat masih banyak yang beranggapan nasib mereka tidak akan berubah dengan adanya pilkada. Sehingga pentingnya untuk mensosialisasikan visi misi secara masif dapat menepis keraguan serta meningkatkan partisipasi,” tutupnya.(abd/sob)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 56 times, 1 visits today)