Di Tengah Corona, Emak-Emak di Poso Sibuk Tanam Bunga

oleh -

POSO, Kabar Selebes – Di tengah pandemi virus corona, para emak-emak di Kabupaten Poso, Sulteng kini punya aktifitas baru, yakni menanam bunga.

Menanam bunga mulai menjadi hobi sebagian emak-emak di Poso saat ini untuk mencegah virus corona dengan lebih memilih beraktifitas dirumah setelah pemerintah menerapkan social distancing.

Sejak ada virus corona, emak-emak di Poso tak mau lagi keluar rumah sehingga aktifitas menanam bunga telah menjadi aktifitas rutin dilaksanakan setiap harinya.

Ibu Misba warga Kelurahan Kayamanya mengatakan, daripada memikirkan corona ia lebih memilih sibuk beraktifitas dirumah mengurusi tanaman bunga.

Menurutnya, mengurusi dapur seperti memasak bersih-bersih rumah dan mengurusi keluarga itu merupakan aktifitas biasa dilakukan seorang wanita berumah tangga. Namun untuk urusan bunga kini menjadi hobi baru yang menyenangkan.

“Soalnya kan sekarang masa pandemi corona dan pemerintah anjurkan untuk dirumah saja, kalau mengurusi dapur kan sudah biasa. Tapi hobi baru menanam bunga bikin hati senang,” ucapnya kepada KabarSelebes.id, Minggu (21/06/20).

Kata Misba dari pada mau pergi ke mall, arisan, atau ketemu teman-teman takut terjangkit corona jadi lebih memilih beraktifitas mengurus tanaman bunga.

Sementara jenis tanaman bunga yang banyak diminati oleh emak-emak, seperti bunga jenis sansivera, aglonema, anthurium, bunga monstera philodendron, calatea dan bunga jenis kaktus serta jenis bunga lainnya.

Arniwati warga Sayo mengakui, bahkan dari hasil tanaman bunga kini telah dibuat bisnis jual beli untuk menambah pemasukan ekonomi dikala sulit keuangan saat adanya corona.

“Banyak ibu-ibu emak-emak yang mulai menanam bunga, ada juga yang memanfaatkan masa pandemi ini dengan berjualan bunga. Bisnis tanaman bunga yang tadinya sepi jadi diminati karena keadaan ini . Di sosial media FB banyak berseliweran orang-orang jualan bunga, pot maupun media tanah pupuk sebagai media tanamnya,” ungkapnya.

Sejumlah emak-emak di Poso yang dihubungi media ini mengungkapkan, memilih hobi baru menanam bunga dapat membuat perasaan bahagia serta bisa menaikkan imun tubuh.(abd/rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 866 times, 1 visits today)