PilihanSulawesi Tengah

Gempabumi 6,3 SR Bolaang Mongondow Selatan di Teluk Tomini, Terasa Hingga di Palu

800
×

Gempabumi 6,3 SR Bolaang Mongondow Selatan di Teluk Tomini, Terasa Hingga di Palu

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes –  Gempabumi bermagnitudo 6,3 Skala Richter di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara terjadi Selasa (23/6/2020) sore. Gempa terjadi pada kedalaman 109 di Teluk Tomini. Gempa yang terjadi sekira pukul sekira pukul 14.43 bahkan terasa hingga di Kota Palu.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo  M=6,0 Episenter.

BACA JUGA :  Kota Palu Diguncang Gempa Bumi 3,5 M, BMKG : Pusatnya di Sesar Palu Koro 

Gempabumi terletak pada koordinat 0,03 Lintang Utara (LU) dan 123,82 Bujur Timur (BT),  atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 46 km arah Barat Daya Kota Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada kedalaman 109 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi di bawah Sulawesi Utara.

BACA JUGA :  Poso Diguncang Gempa 4,9 SR, Berpusat di Tentena

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan patahan naik.

Dirasakan di daerah lain seperti Bone Bolango, Bolaang Uki, Luwuk IV MMI wilalayah  Gorontalo, Lolak, Ampana, Minahasa Tenggara, Tutuyan III-IV MMI.

Hingga hari Selasa, 23 Juni 2020 pukul 15.20 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

BACA JUGA :  87 Rumah Rusak Akibat Gempa 6,6 SR di Poso

Sehingga itu masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah. (abd/rkb)

Laporan:Rifaldi Kalbadjang