Masyarakatnya Hidup Damai, Desa Trimulya PPU Terpilih Jadi Kampung Tangguh Tinombala 2020

oleh -
suasana pencanangan kampung tangguh Tinombala 2020 di Desa Trimulya

POSO, Kabar Selebes – Kepolisian Polres Poso, Sulteng melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) melaksanakan pencanangan kampung tangguh nusantara tahun 2020.

Dimana kegiatan itu merupakan program instruksi dari Kapolri RI yang dilaksanakan secara serentak diwilayah Polres masing-masing.

Untuk Kabupaten Poso, Sulteng, Satbinmas Polres Poso memilih Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir Utara (PPU) menjadi salah satu kampung tangguh nusantara, yang diberi nama kampung tangguh Tinombala 2020.

Kapolres Poso, AKBP Darno mengatakan, atas adanya instruksi Kapolri, Polres Poso melaksanakan pencanangan kampung tangguh nusantara yang dimana setiap Polsek dikecamatan memilih satu wilayah untuk dijadikan kampung tangguh nusantara.

Ditemui media ini, Kasat Binmas Polres Poso, IPTU Masloman menyampaikan, dipilihnya Desa Trimulya menjadi kampung tangguh Tinombala 2020 ada beberapa kriteria dan penilaian.

Kriteria itu adalah kampung yang masyarakatnya sama sekali tidak terpapar covid-19, keamanan masyarakatnya yang selalu hidup damai, penyediaan pangan masyarakat secara baik, sinergitas antara tiga pilar Babinsa, Bhabinkamtibas, Kepala Desa/Lurah, dan kriteria lainnya soal toleransi antar umat beragama.

Menurut Masloman, dari beberapa kriteria itu Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir Utara layak dipilih menjadi kampung tangguh Tinombala tahun 2020.

Masloman menyampaikan, untuk penempatan nama kampung tangguh disesuaikan dengan nama sandi polres di wilayah masing-masing.

“Kalau Poso kan nama sandinya Tinombala, jadi kita pakai nama kampung tangguh Tinombala,” jelasnya.Kamis (25/06/20).

Sementara selain Desa Trimulya, Satbinmas Polres Poso merencanakan di Kecamatan Poso Kota Utara yakni Kelurahan Tegalrejo dan Kecamatan Poso Kota Selatan Kelurahan Lembomawo akan dijadikan kampung tangguh Tinombala 2020 berdasarkan survei dan penilaian dua wilayah itu layak dijadikan kampung tangguh Tinombala.

“Setelah Desa Trimulya, Kelurahan Tegalrejo dan Lembomawo akan dijadikan kampung tangguh Tinombala tahun 2020,” ungkapnya.(abd/rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 74 times, 1 visits today)