Terima Rapor Sekolah di Tengah Pandemi, SDN 3 Palu Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -
Wali Kelas 5B SD Negeri 3 Palu ibu Enny (Kiri) menyerahkan Laporan Hasil Belajar siswa kepada salah seorang orang tua murid pada Kamis (25/06/2020). Sebab adanya virus corona, Penerimaan Raport menggunakan Sistem shift guna menghindari kerumunan. Foto: Adi Pranata/kabarselebes.id

PALU, Kabar Selebes – Penerimaan hasil laporan sekolah bagi siswa di akhir semester merupakan hal yang paling dinanti-nati baik bagi orang tua maupun peserta didik.

Meski di tengah ancaman virus corona, seperti yang terlihat di SD Negeri 3 Palu, anak-anak ditemani orang tua bersemangat hadir untuk menerima hasil pelajaran mereka pada semester genap.

Dengan adanya pemberlakuan protokol kesehatan mencegah Covid-19, pihak SD negeri 3 Palu menerapkan sistem shift perkelas.

“Penerimaannya bergilir sampai hari sabtu dari masing-masing kelas yang ada,” kata Kepala SD Negeri 3 Palu, Hj Nikmat Hi Hapan S.Sos pada Kamis (25/06/2020).

Lanjutnya, karena kelas yang tersedia di SDN 3 palu yakni 15 Kelas mulai dari kelas 1-6, maka sistem shift harus diterapkan untuk menghindari kerumunan.

“Jadi mana kelas yang sudah siap kita undang untuk datang menerima raport,” katanya.

PPDB SDN 3 Palu, Pendaftar Melebihi Kuota Zonasi

Selain itu, penerimaan siswa baru di SD Negeri 3 Palu ditengah pandemi corona juga menerapkan sistem protokol kesehatan.

Hj Nikmat Hi Hapan menyatakan, ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan sebab ancaman virus corona.

“Kita telah siapkan ruangan untuk pengambilan dan juga pengembalian formulir,” ungkapnya.

Ia mengatakan sejak pertama kali dibuka serentak pada hari senin (22/06/2020) Pendaftaran Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) , terkhusus untuk SDN 3 Palu, telah ada 100 lebih pendaftar yang mengambil formulir.

“Sejak pertama dibuka sudah lebih dari 100 yang datang mengambil formulir, sedangkan kesiapan kami hanya menampung 56 untuk 2 kelas untuk siswa kelas 1 yang baru,” katanya.

Meski demikian lanjutnya, pihaknya akan tetap merujuk pada sistem Zonasi yang ditentukan pemerintah.

Menurut ketentuan aturan permendikbud mengenai sistem Zonasi, siswa akan diterima 50% dari sistem Zonasi, prestasi 30% yang lainnya pindahan

“Kalau ketentuan 50% dari zonasi, maka dari 56 maka hanya ada 28 yang akan diterima,” ujarnya.

Hal ini kata Nikmat, pihak SDN 3 Palu belum mengetahui berapa jumlah dari zonasi yang telah terdaftar.

Dengan demikian untuk mengetahui siswa yang diterima, pihaknya terlebih dahulu akan merekab data siswa baru yang terdaftar untuk kemudian diterima di Sekolah SDN 3 Palu. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 153 times, 1 visits today)