Mencegah Covid-19, PPS di Poso Jalani Rapid Test

oleh -
ketua KPU Poso, Budiman Maliki saat melaksanakan monitorinh pelaksanaan rapid tes oleh PPS

POSO, Kabar Selebes – Dalam mencegah covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulteng melaksanakan rapid tes bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual (verfak) syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Bapaslon).

Ketua KPU Poso, Budiman Maliki menyampaikan, hal itu dilakukan berdasarkan surat dinas KPU RI Nomor 481/PL.02.2-SD/06/KPU/VI/2020 dimana petugas verfak yang dalam hal ini anggota PPS wajib menjalani rapid test sebelum melaksanakan tugasnya.

“Pelaksanaan verfak maka KPU Poso pastikan rapid test bagi semua anggota PPS,” ucap Budiman Jumat (26/6/2020).

Menurut Budiman, pihaknya kini siap melanjutkan pelaksanakan tahapan pilkada serentak tahun 2020.

Budiman menjelaskan, jika salah satu tahapanya yang akan dilakukan yakni verifikasi Bapaslon yang pelaksanaan dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing kelurahan maupun desa dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Budiman menyampaikan, demi lancarnya kegiatan verfak dan menjamin keselamatan serta kesehatan penyelenggara maka dilaksanakan rapid tes yang dilaksanakan selama 2 hari 26-27 Juni 2020 dengan bekerjasama antara KPU Poso dan Dinas Kesehatan Poso melalui puskesmas puskesmas di wilayah sekitar domisili masing-masing PPS.

“Harapannya semua anggota PPS yang menjalani rapid test dalam kondisi sehat dan baik sehingga hasil rapid bisa non reaktif dan PPS siap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya,” pungkasnya.(abd/rdm)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 56 times, 1 visits today)