UTBK untuk SBMPTN Untad Resmi Digelar dengan Protokol Kesehatan Covid-19

oleh -
Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Universitas Tadulako tahun 2020/2021. (Foto: Dok. Humas Untad)

PALU, Kabar Selebes – Universitas Tadulako (Untad) pada Minggu (5/7/2020)  resmi menyelenggarakan ujian tes berbasis komputer (UTBK) untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun ajaran 2020/2021.

Pelaksanaan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya sebab adanya covid-19.

Sesuai protokol covid-19, sebelum melaksanakan ujian peserta diwajibkan mencuci tangan, mengecek suhu badan, dan memakai masker.

Untuk melengkapi prasarana penunjang ujian, di hari pertama terlebih dahulu rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Ir. Mahfudz MP memberikan alat perlengkapan untuk melaksanakan UTBK kepada para peserta.

Pada keterangannya Mahfudz mengatakan, UTBK dilaksanakan berdasarkan penuh pertimbangan sebab adanya virus corona.

Ia mengungkapkan, sebelumnya UTBK dipertimbangkan untuk ditunda, sampai akhirnya tetap terlaksana setelah melakukan persiapan protokol kesehatan yang matang.

“Saya berharap agar panitia pelaksana dapat menjaga kesehatannya, sehingga siap dalam mengawasi pelaksanaan UTBK. Semoga pelaksanaan UTBK kali ini dapat berjalan lancar, aman dan optimal,” kata Prof. Mahfudz di lantai 1 Gedung Rektorat Untad.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Lukman Nadjamudin M.Hum menyatakan, pelaksanaan UTBK kali ini diikuti oleh peserta sejumlah sebanyak 6.367 peserta dari wilayah Sulawesi Tengah dan wilayah luar .

“Dimana 5.868 peserta berasal dari Sulawesi Tengah, dan 499 peserta berasal dari luar Sulteng, di antaranya dari Sulbar, Sulsel, dan Pulau Jawa,” terang Lukman.

Karena masih situasi covid-19 lanjutnya, pelaksanaan diatur mulai dari ruangan yang berlokasi di 4 titik yang berbeda yakni di Untad, SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, dan SMKN 3 Palu.

Untuk tiap lokasi, lukman menyatakan pihak LTMP telah menyiapkan 29 ruangan persesinya di 4 lokasi tersebut.

“10 ruangan di Untad, 4 ruangan di SMKN 1 Palu, 9 ruangan di SMKN 2 Palu serta 6 ruangan di SMKN 3 Palu,” ungkap Lukman.

Sementara itu, pelaksanaan UTBK tahun ini akan dilakukan menggunakan sistem shift, dimana perhari UTBK akan diadakan dalam 2 sesi.

“Sesi pertama akan dimulai pukul 09:00-11.15 dan untuk sesi kedua akan dilaksanakan pada pukul 14:00-16.15 Waktu setempat,” kata Lukman.

Selain itu, Ia menyatakan Pelaksanaan UTBK akan diadakan melalui dua tahap. Tahap pertama kata lukman, akan dilaksanakan mulai 5 Juli sampai dengan 12 juli 2020.

“Sementara tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 20-29 Juli 2020 yang diperuntukan bagi para tuna netra dan peserta yang tidak dapat mengikuti ujian pada tahap satu,” kata dia. (abd/ap)

Laporan : Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 74 times, 1 visits today)