SMP 9 Palu Gencarkan Pelatihan IT Bagi Guru

oleh -
FOTO: Kepala SMP 9 Palu, Hilmi S.Pd, M.Pd. (f-Adi Pranata/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Demi mengefektifkan pembelajaran online bagi para siswa selama masa pandemi virus corona, SMP 9 Palu saat ini terus menggencarkan pelatihan Informasi dan Teknologi  atau IT bagi para gurunya.

Kepala SMP 9 Palu, Hilmy, S.Pd. M.Pd mengatakan, pelatihan IT dilakukan mengingat,  sebagian besar para guru di sekolah yang dipimpinnya itu telah memasuki usia senior, namun belum terlalu paham menggunakan aplikasi belajar berbasis Online.

“Setiap hari, saya selalu memberikan dorongan kepada para guru, baik itu guru tetap maupun honorer untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan atau diklat IT yang dipandu guru TIK,” ujar Hilmi kepada KabarSelebes.ID, Rabu (8/7/2020).

Ia mengatakan, proses pembelajaran yang dilakukan para guru di SMP 9 Palu secara online sejak ditetapkannya masa pandemik Covid-19 hanya menggunakan aplikasi WhatsApp bersama siswa.

Hal itulah yang menginisiasi para guru untuk melaksanakan Diklat IT dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di SMP 9 Palu.

“Diklat itu akan dilaksanakan secara bertahap. Setiap hari guru akan dijadwalkan sesuai jam piket yang telah ditentukan. Salah satunya pelatihan menggunakan aplikasi zoom dan segala macamnya. Meskipun libur, para guru tetap semangat mengikuti pelatihan,” katanya. 

Ia menambahkan, sebagai Kepala SMP 9 PAlu, dirinya mengaku senantiasa mengupayakan segala hal, agar para guru selalu produktif selama libur pembelajaran tatap muka, termasuk memberikan bonus bagi para guru melalui dana yang telah disediakan.

Menurutnya, permasalahan yang paling mendasar terhadap efentifitas pembelajaran di sekolah, yakni umur seorang guru.

Pasalnya, jika umur seorang guru berada disekitar 50 tahun ke atas, khususnya seorang wanita, yang bersangkutan akan lebih condong memilih untuk mengurus rumah tangganya ketimbang suaminya.

Dengan begitu, sebagai pimpinan, dirinya terus menghimbau para guru untuk tetap mengikuti pelatihan IT.

“Saya selalu berusaha untuk menggairahkan para guru. Saya juga selalu memberikan dukungan kepada para guru,” tandasnya. (rlm/ap/fma)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 44 times, 1 visits today)