Disdik Kota Palu Keluarkan Instruksi Larangan Aktifitas Tatap Muka

oleh -
Ansyar Sutiadi

PALU, Kabar Selebes – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu mengeluarkan surat instruksi kepada seluruh tingkatan satuan pendidikan, mulai dari PAUD, TK, SD, dan SMP swasta dengan Nomor : 421.3/2759/Disdik.

Kepala Disdik Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengatakan, instruksi larangan aktifitas tatap muka tersebut diberlakukan selama MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah dan hanya bisa dilakukan melalui Daring atau Dalam Jaringan.

Dalam proses pengenalan lingkungan sekolah secara daring maupun Luring kata dia, diharapkan setiap sekolah menyediakan materi bagi siswa perihal adaptasi kebiasaan baru ditengah wabah pandemi virus corona.

“Sepert anjuran memakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak,” ujar Ansyar dalam surat edaran yang dikutip KabarSelebes.ID.

“Sesuai dengan kemampuan sekolah, karena masih ada yang menggunakan sistim luring dan beberapa diantaranya yang sudah menerapkan sistim Daring,” tambah Ansyar yang dikonfirmasi KabarSelebes.ID, Sabtu (11/7/2020).

Ia mengatakan, pada pelaksanaan sistim Luring tanpa tatap muka, sekolah diharapkan memberi materi MPLS langsung kepada siswa yang nantinya telah dinyatakan lulus pada 13 Juli.

“Bagi yang mengambil materi nanti, diharapkan bisa diwakili oleh orang tua murid,” katanya.

Ia juga menekankan agar sekolah memberikan evaluasi kepada para siswa terkait dengan materi MPLS yang telah diberikan.

–              Siapkan Bahan Ajar Daring Hingga Bulan Desember

Sementara itu sesuai dengan edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bernomor 420/356/Dikbud menyatakan bahwa belajar daring masih akan berlangsung hingga Desember mendatang sesuai dengan kondisi perkembangan dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional.

Dengan adanya hal tersebut, Disdik Kota Palu kata Ansyar, sementara masih akan fokus mempersiapkan segala materi penunjang agar aktivitas pembelajaran daring bisa berjalan efektif.

“Fokus kami kedepan akan mempersiapkan bahan ajar dari rumah hingga Desember mendatang,” terangnya.

Untuk aktifitas pembelajaran sendiri kata dia, Disdik Kota Palu sesuai edaran walikota tetap berpedoman pada instruksi Gubernur Sulteng.

Terutama perpanjangan aktivitas belajar dari rumah, karena sesuai intruksi diatur oleh pihak provinsi.

“Menindak lanjuti dengan memberikan teknis pelaksanaan kepada pihak sekolah Negeri maupun Swasta di Kota Palu,” tandasnya. (rlm/ap)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 1.376 times, 1 visits today)