Kata Trump yang Akhirnya Kenakan Masker di Publik Pertama Kali

oleh -
Foto Trump Pakai Masker: AFP/ALEX EDELMAN

Jakarta, Kabar Selebes – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan publik. Keputusan Trump mengenakan masker dikritik saingannya di Pilpres 2019.

Dilansir CNN, Minggu (12/7/2020), Trump menyambangi veteran militer yang terluka di Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed pada Sabtu. Dia mengenakan masker setelah berbulan-bulan menolak melakukannya di depan umum.

“Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit terutama dalam keadaan tertentu, di mana Anda berbicara dengan banyak tentara, orang-orang yang dalam beberapa kasus baru saja turun dari meja operasi. Saya pikir itu bagus untuk memakai masker. Saya tidak pernah menentang masker tapi saya yakin mereka punya waktu dan tempat (untuk dikenakan),” kata Trump sebelum kunjungannya.

Trump terlihat mengenakan masker saat berjalan dengan stafnya yang juga mengenakan masker di pusat medis di Bethesda, Maryland. Dia tidak membuat pernyataan apa pun saat mengenakannya. Ini adalah pertama kalinya Trump terlihat mengenakan masker sejak pandemi mulai mewabah.

Pihak Joe Biden, calon Presiden AS, dalam hal ini Andrew Bates, menanggapi keputusan Trump untuk mengenakan masker. Dia mengatakan Presiden ‘menyia-nyiakan’ empat bulan yang membuat orang enggan memakai masker sementara Biden ‘telah memimpin dengan memberi contoh sejak awal.’

“Donald Trump menghabiskan berbulan-bulan mengabaikan nasihat para ahli medis dan mempolitisasi masker, salah satu hal paling penting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus,” kata Bates pada Sabtu malam dalam sebuah pernyataan.

Dalam wawancara dengan Fox News pada Kamis, Trump berbicara soal kunjungannya ke Walter Reed dengan mengatakan ‘Saya mungkin mengenakan masker ketika pergi ke Walter Reed. Anda berada di rumah sakit, saya pikir ini sudah sesuai.

Masker menjadi perdebatan politik karena beberapa orang Amerika berpendapat bahwa persyaratan tersebut melanggar kebebasan sipil mereka. Tetapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mendesak semua orang untuk memakai ‘kain penutup wajah ketika mereka harus keluar di tempat umum,’ mencatat bahwa masker sangat penting di daerah-daerah di mana jaga jarak sosial sulit dipertahankan karena virus Corona dapat menyebar di antara orang yang tidak bergejala. (fma)

Sumber : Detik.com

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 20 times, 1 visits today)