Kekayaan Elon Musk Salip Warren Buffett

oleh -
CEO Tesla Elon Mask. (Foto: AFP/PHILIP PACHECO)

Jakarta, Kabar Selebes — CEO Tesla Elon Musk menyalip kekayaan Warren Buffett dan didapuk menjadi orang terkaya ke-7 dunia pada Bloomberg Billionaires Index, sementara Buffett sebagai CEO Berkshire Hathaway turun ke posisi 10 orang terkaya di dunia.

Kekayaan Elon naik lebih dari US$6 miliar atau setara Rp84 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS) pada Jumat (10/7) menjadi US$70,5 miliar atau setara Rp987 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS).

Melansir CNN, Minggu (12/7), melonjaknya kekayaan Elon bersumber dari rekor yang dipecahkan saham Tesla, menembus harga US$1.544 per saham atau melejit 10,8 persen. Saat ini, Tesla dihargai US$285,6 miliar atau setara Rp3.998,4 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS).

Elon yang memiliki 20,8 persen dari saham Tesla pun panen harta, kini nilai saham kepemilikannya berkisar US$60 miliar. Tak hanya itu, Elon juga merupakan pemegang saham utama perusahaan tertutup SpaceX.

Saham Tesla naik lebih dari 500 persen selama 12 bulan terakhir, melebihi nilai saham hampir seluruh perusahaan di pasar saham S&P 500. Perusahaan yang memproduksi mobil listrik ini kian bersinar dan menjadi perusahaan paling berharga di dunia.

Berdasarkan paket pembayaran yang disetujui pemegang saham Tesla pada 2018, Elon yang baru berusia 49 tahun berpotensi menjadi orang terkaya di dunia, menggeser CEO Amazon Jeff Bezos.

Dalam paket pembayaran tersebut, dipaparkan rencana pembayaran sebesar US$20,3 miliar dalam bentuk saham selama 10 tahun dengan catatan perusahaan mencapai serangkaian tujuan operasional dan nilai pasar.

Sementara, kekayaan Buffett minggu ini berguguran setelah ia mendonasikan hampir senilai US$3 miliar saham Berkshire Hathaway untuk amal. Ini merupakan bagian dari rencananya untuk mendonasikan hampir seluruh hartanya untuk usaha filantropis. (fma)

Sumber : CNNIndonesia.com

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 7 times, 1 visits today)