699 Petugas PDP KPU Kota Palu Jalani Rapid Tes Jelang Pelaksanaan Coklit

oleh -
Tim medis RSU Anutapura menjalankan Rapid Tes kepada PPDP Jelang Coklit 18 Juli mendatang

PALU, Kabar Selebes  – Jelang pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih untuk pemilihan Walikota dan Walikota Palu pada 18 Juli, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu melakukan rapid test kepada 699 Petugas Pencocokan Data Pemilih (PPDP).

“Coklik serentak itu dilaksanakan pada 18 Juli 2020, Sebelum turun ke masyarakat, para petugas ini harus dipastikan sehat dan terbebas dari Covid-19,” ujar Ketua KPU Kota Palu, Agaussalim Wahid, Selasa (14/7/ 2020).

Rapid test bertujuan untuk memastikan PPDP yang turun langsung ke masyarakat dinyatakan sehat termasuk bebas Covid-19. Karena para PPDP akan menjalankan tugas dengan sistem door to door.

“Teman-teman kita yang ada di PPDP menjalankan tugas akan berinteraksi langsung dengan masyarakat, sehingga kita harus pastikan mereka dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Kata Agus, Rapid test dilakukan berdasarkan standar Covid-19 yang diamanatkan PKPU nomor 6 Tahun 2020 yang menyebutkan, bahwa salah satu syarat PPDP turun lapangan, minimal sudah melaksanakan Rapid test.

Dalam prosesnya, KPU mengandeng pihak Rumah Sakit Anutapura Palu, dengan total anggaran dari KPU, sebesar Rp104,850 juta.

“Kemarin itu kita berencana melaksanakan dengan Dinas kesehatan, tetapi begitu muncul surat dari kementerian Kesehatan bahwa standar maksimal dalam hal rapid test ini adalah 150 ribu perorang, karena memang itu ada dalam anggaran kita. Kemarin kita sudah menganggarkan sehingga yang menyanggupi itu Rumah Sakit Anutapura,” tandasnya.(abd/sob)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 25 times, 1 visits today)