Penyelenggara Pilkada Dituntut Lebih Kreatif di Masa Pandemi Covid-19

oleh -
Pembukaan Rakor Sosialisasi dan Peningkatan Partisipasi Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di Hotel Santika, Rabu, 15 Juli 2020. (Foto Patar)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah menggelar rapat koordinasi bersama KPU Kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah  membahas strategi sosialisasi dan peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota tahun 2020 di masa pandemi Covid-19.

Rapat koordinasi dibuka Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming di Hotel Santika, 15-17 Juli 2020.

Menurut Tanwir, penyelenggaraan pemilihan kepala daerah menjadi tantangan kita ke depan dengan situasi lain dari yang lain bahwa kita mampu melaksanakan Pilkada.

“Kalau ini berhasil, maka ini akan menjadi model pelaksanaan pemilihan ke depan. Kondisi pandemi ini tidak ada yang tahu kapan akan selesai,” kata Tanwir Lamaming.

Kata Tanwir lagi, keberhasilan sosialisasi tergantung kreatifitas kita semua. Kreatifitas dimaksud dengan menciptakan hal-hal baru dalam melakukan sosialisasi,” kata Tanwir Lamaming.

“Selain.cara-cara konvensional seperti spanduk, baliho dan stiker, bisa saja ketika melakukan sosialisasi di pasar dengan menggunakan bantuan pengamen. Mereka menyanyikan lagu-lagu tentang pilkada dan dibayar,” kata Tanwir.

Kata Tanwir, penyelenggara menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak yaitu 77,5 persen.

Komisioner Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Sahran Raden mengatakan di masa pandemi ini tentunya kiita semua diharuskan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara.

“Seperti masuk di ruangan ini harus sudah mengenakan masker dan terlebih dahulu membersihkan tangan dengan hand sanitizer,” kata Sahran. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 18 times, 1 visits today)