Fiber Optik Rusak Dihantam Banjir, Telkom: Jaringan Internet di Sigi Dipastikan Normal

oleh -
Tampak tim recovery Telkom tengah melakukan perbaikan jaringan FO disekitar RSUD Torabelo Sigi. (Foto: doc Telkom)

SIGI, Kabar Selebes – Setelah melakukan perbaikan fiber optik atau FO yang mengalami gangguan akibat banjir pada Kamis (9/7/2020), Telkom memastikan jaring internet di Kabupaten Sigi kembali normal.

Hal itu diungkapkan Manager Business, Government, Enterprise atau BGES Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Andi Abdul Waris kepada KabarSelebes.ID, Kamis (16/7/2020).

Andi Abdul Waris mengatakan, kerusakan jaringan FO yang disebabkan pohon tumbang akibat banjir pada pekan lalu, menimbulkan gangguan massal atau disebut gamas.

Termasuk gangguan jaringan internet di RSUD Torabelo Sigi yang menyebabkan pelayanan Polik seperti BPJS terganggu.

“Kami sudah melakukan perbaika terhadap jaringan FO. Jadi, jaringan internet sudah kembali normal. Termasuk jaringan internet di RSUD Torabelo Sigi,” terangnya.

Ia menjelaskan, terputusnya jaringan FO tersebut, terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Sigi yang mengakibatkan proses perbaikan membutuhkan waktu.

“Kami memohon maaf atas pelayanan yang belum memuaskan berdasarkan pengecekan oleh tim teknis,” tambahnya.

Ia menambahkan, proses perbaikan terhadap jaringan FO Cut yang dilakukan tim recovery mengalami sedikit kendala karena kondisi cuaca yang tidak mendukung beberapa hari terakhir.

“Hal itu mengakibatkan belum stabilnya jaringan internet. Tim Telkom telah melakukan proses perbaikan di lapangan, dengan melakukan penyambungan 288 saluran FO. Sehingga proses perbaikannya dilakukan secara bertahap hingga sekitar 80 persen. Tetapi, untuk Kabupaten Sigi layanannya sudah normal,” tandasnya. (rlm/afi)

Laporan: Arfiah Efendi

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 25 times, 1 visits today)