Tuding Gelapkan Dana BOS, Guru dan Staf SMPN 19 Palu Minta Walikota Ganti Kepsek

oleh -

PALU, Kabar Selebes – Sejumlah guru dan staf di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 19 Kota Palu melakukan demo, meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palu agar mencopot Kepala sekolah (Kepsek), Ilman Usman dari jabatannya karena diduga telah banyak melakukan penggelapan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS.

Sejak 2019, para guru juga menyebut Kepsek telah melakukan perbuatan melanggar hukum lainnya, yakni pemalsuan tandatangan dalam Laporan Pertanggungjawaban ke Dinas Pendidikan selama 2018-2019.

“Yang melawan keinginan Kepsek pasti dicopot dari jabatan, termasuk bendahara,” ungkap para guru saat menggelar aksi di depan SMPN 19 Palu, Rabu (22/07/2020).

Bukan hanya itu, Kepsek juga kerap menjual bantuan yang masuk di sekolah, salah satunya bantuan seng yang dijual kepada salah satu guru di SMPN 19 Palu.

Bahkan, beberapa waktu lalu, listrik juga tidak dibayarkan selama tiga bulan, sehingga PLN memutuskan sambungan listrik, yang mengakibatkan tertundanya pengimputan dan penerimaan E Raport.

“Tetapi Kepsek memberikan keterangan disalah satu koran, bahwa pemutusan itu sambungan listrik diakibatkan kesalahan teknis,” bebernya.

Salah satu guru yang tergabung dalam aksi itu, juga menambahkan, honor Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau MGMP dan honor guru non PNS belum dibayarkan sejak awal 2019.

“Dalam laporan semuanya dibayar, setelah Inspektorat mengklarifikasi itu pada kami. Ternyata tandatangan kami semua dipalsukan,” akunya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, kasus itu sudah lama ditangani oleh Inspektorat. Ilman selaku Kepsek mengaku siap untuk mengembalikan semuanya, bahkan dari pihak Dinas Pendidikan hanya memberi sanksi kepada Kepsek Ilman, dengan memberhentikan sementara.

“Jangan hanya berhentikan sementara, kami ingin Kepsek diganti,” tegas salah satu guru yang didukung peserta demo lainnya. (sob/rlm)

Laporan: Moh. Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 119 times, 1 visits today)