Bank Mandiri Palu Fokus Transaksi Non Tunai dan Luar Kantor

Gedung Bank Mandiri Cabang Palu. (Foto Patar)

PALU, Kabar Selebes – Dalam mendukung upaya Pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penularan virus covid 19, Bank Mandiri Area Palu memiliki fokus untuk mendukung pertumbuhan cashless transaction (transaksi non tunai) dan branchless banking (layanan perbankan di luar kantor cabang).

Hal ini dikatakan Cluste Manager Mikro Palu Taufik Hidayat dalam rangka mendukung imbauan Pemerintah untuk jaga jarak (physical distancing), bekerja dari rumah, belajar di rumah, hingga beribadah di rumah. 

“Selain dalam upaya memutus rantai penularan virus covid 19, hal ini juga sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dan program Layanan Keuangan Digital (LKD) yang telah dicanangkan oleh BI serta program Layanan Laku Pandai yang dimiliki oleh OJK untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia,” kata Taufik Hidayat, Rabu, 22 Juli 2020.

Kata Taufik, dalam mendukung peningkatan cashless transaction dan branchless banking, Bank Mandiri memiliki produk dan layanan yang siap membantu nasabah bertransaksi secara non tunai dan tidak perlu ke kantor cabang. Bank Mandiri juga telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan untuk memberikan solusi keuangan digital yang sangat dibutuhkan nasabah pada masa new normal saat ini yang banyak berorientasikan kepada transaksi online.

Beberapa produk dan layanan berorientasi cashless dan branchless yang ditawarkan Bank Mandiri Area Palu sebagai solusi keuangan nasabah antara lain,  Agen Mandiri.

 Agen Mandiri adalah pihak yang berkerjasama dengan Bank Mandiri dalam menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya kepada masyarakat (Layanan Laku Pandai dan Layanan Keuangan Digital). Agen Mandiri dapat melayani pembukaan rekening, setoran tunai dan tarik tunai rekening, pembelian dan pembayaran pulsa, listrik, tagihan, dll.

Persyaratan menjadi Agen Mandiri cukup mudah cukup membawa dokumen identitas dan surat keterangan usaha, serta copy buku tabungan calon agen dan mengisi formulir pengajuan agen. Bank Mandiri di Sulawesi Tengah sudah memiliki 557 Agen Live hingga 30 Juni 2020. Khusus di Bulan Juni 2020 saja, total transaksi di Agen Mandiri sudah mencapai lebih dari 30,700 transaksi dengan sales volume Rp 29,9 milyar hanya dalam satu bulan.

Dari 557 Agen tersebut, Bank Mandiri Area Palu telah dapat membuka lebih dari 5,900 rekening tabungan baru dengan total saldo lebih dari Rp 38 milyar di akhir Juni 2020. Untuk mendorong pertumbuhan Agen Mandiri, para agen mandiri yang memenuhi syarat dapat juga mengajukan fasilitas KUR untuk peningkatan modal usaha. Kabar positif untuk pelaku UMKM di Pasigala, Bank Mandiri sudah kembali menyalurkan fasilitas KUR di wilayah Pasigala. Pembukaan Rekening Tabungan secara Online (Mandiri Tabungan NOW) merupakan rekening tabungan bagu nasabah perorangan yang dibuka secara online tanpa perlu ke cabang dengan melakukan scan QR Code Cabang Bank Mandiri terdekat yang dapat dijumpai di kantor cabang maupun tempat umum atau juga dapat langsung akses ke Website Online Onboarding yaitu join.bankmandiri.co.id atau joinbmri.id. Mandiri Tabungan NOW saat ini dikhususkan bagi seluruh WNI yang belum pernah menjadi Nasaah Bank Mandiri dengan mendapatkan promo gratis biaya administrasi selama 6 bulan pertama dan selanjutnya hanya dikenakan biaya Rp 2,500 / bulan saja. Saldo minimal rekening ini hanya Rp 10,000 dan langsung mendapatkan fasilitas Mandiri Online dan Mandiri Kartu Debit yang dikirim langsung ke alamat nasabah. Nasabah tidak diberikan buku tabungan namun dapat memantau secara langsung rekeningnya melalui Mandiri Online. Proses pembukaan rekening secara online video call dengan Customer Service Online Bank Mandiri dan nasabah hanya perlu menyiapkan KTP, NPWP (jika sudah memiliki sesuai ketentuan pajak), dan tanda tangan di kertas putih. Proses pengisian data dan Video Call dengan pegawai Bank Mandiri dapat dilakukan pada pukul 09:00 WITA – 22:00 WITA

Silakan komentar Anda Disini....