Bupati Sigi: Gerakan Tanam Kedelai Jadi Kontribusi Terhadap Ekonomi

oleh -
Bupati Sigi, Muhamad Irwan bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulteng, Ir. Tri Iriana Lamakampali saat melakukan penanaman kedelai secara simbolis. (Foto: doc Humas Pemkab Sigi)

SIGI, Kabar Selebes – Bupati Sigi, Muhammad Irwan mengatakan, gerakan tanam kedelai dapat menjadi kontribusi terhadap ekonomi.


“Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan. Tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh, baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah maupun penyerapan tenaga kerja,” ujar Irwan dalam sambutannya usai melakukan penanaman kedelai secara simbolis yang juga dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Ir. Tri Iriana Lamakampali yang dilaksanakan di Desa Langaleso, Kecamatan Dolo pada Kamis (23/07/2020).


Harapanya, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng juga dapat membantu memberikan solusi, terutama persoalan air bersih yang menjadi masalah utama bagi para petani.

“Kehadiran kehadiran Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulteng bisa memberikan bantuan pembangunan pembuatan sumur dangkal melalui program alkon atau lainnya. Karena persoalan yang ada di petani saat ini terkendala oleh air,” harap Irwan.

Sebagai Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Tri Iriana mengatakan, gerakan tanam kedelai ditengah pandemi Covid-19 diharapkan dapat keberlanjutan untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Gerakan tanam kedelai tersebut kata dia, sumbangsi nyata dari Kabupaten Sigi yang menyentuh masyarakat petani sebagai sasaran yang ingin mengembangkan kedelai dalam merealisasikan program kegiatan pemerintah ditengah pandemi Covid-19.

“Harapannya Kabupaten Sigi menjadi kekuatan baru dengan mempunyai kesiapan yang khusus untuk mengelola segala hasil pertanian, menjadi daerah yang berdaya saing khususnya dibidang pertanian demi peningkatan kualitas ekonomi masyarakat,” terangnya. (afi/rlm)

Laporan : Arfiah Efendi

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 19 times, 1 visits today)