Anak Pulau di Makassar Bersurat ke Jokowi, Curhat Penambang Pasir Rusak Laut

oleh -
Foto: Salah seorang anak di Pulau Kodingareng Lompo, Makassar mengirim surat ke Jokowi (dok. Istimewa).

Makassar, Kabar Selebes – Sejumlah anak-anak di Pulau Kodingareng Lompo, Kota Makassar akan berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam suratnya anak-anak itu curhat soal laut yang rusak akibat aktivitas penambangan pasir.

“Mereka menuliskan surat kepada Pak Presiden Jokowi berharap di sekitar pulau mereka tidak ada penambangan pasir lagi,” kata salah seorang tenaga pengajar, Jasmin saat berbincang dengan detikcom, Senin (27/7/2020).

Jasmin mengatakan anak-anak Pulau Kodingareng ini merasa risau dengan adanya penggalian pasir di sekitar pulau mereka. Karena penggalian pasir ini, ekonomi keluarga mereka terdampak.

“Hampir semua orangtua mereka nelayan. Dengan adanya penambangan pasir itu, hasil tangkapan berkurang dan berujung pada pemasukan keluarga,” terang dia.

“Karena tidak ada pemasukan, orangtua mereka sering bertengkar di rumah,” imbuhnya.

Surat-surat yang dituliskan anak-anak Pulau Kodingareng ini tidak hanya ditujukan kepada Jokowi, tetapi juga ditujukan kepada pihak kedutaan besar Belanda.

“Karena kapal yang mengambil pasir di sekitar Pulau Kodingareng itu berasal dari Belanda,” ucapnya.

Jasmin menyebut surat-surat itu belum dikirimkan ke Jokowi langsung. Namun dia berharap surat itu dapat dikirimkan atau dibaca oleh Jokowi lewat media.

Berikut penggalan surat yang dikirimkan salah seorang anak Pulau Kodingareng bernama Firsa ke Jokowi:

Untuk Bapak Presiden Jokowi

Saya anak Pulau Kodingareng Lompo Makassar. Saya mau menghentikan kapal penambang pasir karena rusak memancingnya bapakku dan tidak dapat uang belanja. Rusak tempat tinggalku.Mohon jangan rusak pulau kami. (fma)

Sumber : Detik.com

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 17 times, 1 visits today)