Kim Jong-un Sebut Berkat Senjata Nuklir Tak Ada Lagi Perang

oleh -
Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Jakarta, Kabar Selebes — Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un mengatakan tidak akan ada perang lagi karena senjata nuklir yang mereka miliki menjamin keselamatan dan masa depan.

Kim membuat pernyataan itu ketika merayakan ulang tahun ke 67 berakhirnya Perang Korea 1950-53, yang jatuh pada 27 Juli. Acara itu turut dihadiri para veteran.

“Berkat penangkal nuklir pertahanan diri kita yang andal dan efektif, tidak akan ada lagi kata perang di negeri ini,” kata Kim seperti dikutip dari kantor berita resmi Korut KCNA. “Keamanan dan masa depan kita akan dijamin selamanya.”

Seperti dikutip dari AFP, Pyongyang menegaskan bahwa mereka membutuhkan senjata nuklir untuk mencegah kemungkinan invasi Amerika Serikat. Ia bertekad terus mengembangkan program senjata itu sebagai pertahanan diri dari provokasi AS dan Korsel.

Hingga kini, Korut masih menjadi subjek tiga sanksi ekonomi PBB karena aktivitas rudal dan nuklirnya. Sejak 2006 lalu, Pyongyang telah melakukan enam kali uji coba nuklir. Kemudian pada 2017.

Hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan memang sedang memanas belakangan ini. Kedua negara itu terus melakukan propaganda meski keduanya sempat sepakat untuk menurunkan tingkat permusuhan pada pertemuan di 2018 lalu.

Hubungan antar-Korea telah membeku setelah kegagalan perundingan di Singapura dan Hanoi, Vietnam antara Kim Jong-un dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dialog tersebut membahas negosiasi pelucutan senjata nuklir dan pelonggaran sanksi.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, awalnya menjadi perantara dalam dialog tersebut, tapi Korea Utara balik menyalahkan Korea Selatan karena tidak membujuk Amerika Serikat untuk melonggarkan sanksi.

Kim pada Desember lalu mengakhiri moratorium uji coba rudal nuklir dan balistik. Pyongyang juga berulang kali mengatakan tidak memiliki niat melanjutkan pembicaraan denuklirisasi kecuali Washington menghentikan kebijakan bermusuhan terhadap Korea Utara. (fma)

Sumber : CNNIndonesia.com

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 19 times, 1 visits today)