Pedagang Hewan Kurban di Palu Resahkan Sepinya Pembeli Jelang Lebaran

oleh -
Suasana salah satu pasar hewan kurban di Jl. Pipa Air Kota Palu, Sulawesi Tengah, Pada Kamis (30/7/2020), nampak sepi dari pembeli H-1 menjelang perayaan hari Raya Idhul Adha 1441 H. (Foto: Adi Pranata/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Sejumlah pedagang hewan kurban di Kota Palu meresahkan berkurangnya pembeli menjelang perayaan hari raya Idhul Adha 1441 H tahun 2020.

Seperti yang terjadi beberapa penjual hewan kurban di jl. Pipa Air Kota, Palu. Pantauan kabarselebes.id pada Kamis (30/7/2020) Satu hari menjelang lebaran, tidak ada aktivitas jual beli yang berarti .

Menurut salah seorang penjual kambing bernama Jamil (45th), di tahun sebelumnya, 3 hari menjelang hari raya idhul adha lokasinya berjualan telah sesak dipenuhi oleh para pembeli.

“Tapi sekarang sepi ini, turun sekali pembeli tahun ini,” resah Jamil yang telah 5 tahun berjualan hewan kurban.

Hal demikian lanjutnya, berdampak pada pemasukannya dari berjualan kambing yang mengalami penurunan omset hampir 50% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau dulu dari 15 ekor kambing paling tersisa Cuma 2, sekarang yang baru laku cuma 5 ekor,” kata dia.

Jamil melanjutkan sepinya pembeli disebabkan adanya virus corona serta tidak adanya jemaah haji untuk tahun ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Faridah (37th) penjual Sapi di tempat yang sama mengaku faktor Corona menyebabkan sepinya pembeli pada tahun ini.

“Biasanya H-3 jelang lebaran itu, sudah ramai sekali ini, ramai sekali,” ujarnya.

Ia mengaku banyak warga pedagang yang resah karena sedikitnya pembeli yang datang.

Meski demikian, sarifah secara pribadi mengaku, karena telah memiliki pelanggan ia tidak mengalami penurunan ataupun peningkatan penjualan.

“Tapi kasihan teman-teman yang lain, saya dengar-dengar sepi itu pembeli kambing,” kata dia.  (ap/fma)

Laporan: Adi pranata.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 34 times, 1 visits today)