Bagikan Daging Kurban, 19 Komunitas Motor di Palu Sasar Korban Tsunami dan Likuifaksi

oleh -

PALU, Kabar Selebes – Hunian Sementara (huntara) Ludou Indah yang terletak di Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Palu, Sulawesi Tengah dipilih sebagai lokasi kegiatan kurban oleh 19 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Palu. Setelah dilakukan penyembelihan 6 ekor kambing pada Minggu (2/8/2020), seluruh warga yang tinggal di huntara ini memperoleh pembagian daging kurban.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program bertajuk “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” yang melibatkan 379 komunitas di 42 kota. Lebih dari 15 ribu anggota dari komunitas besar diantaranya yaitu Bold Riders ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang baru pertama kali terjadi ini.

Koordinator Bold Riders Palu, Mokhamad Robby Hidayat mengungkapkan penghuni Huntara Ludou Indah ini sebagian merupakan warga Perumahan Balaroa yang rumahnya terkena dampak likuifaksi sesaat setelah terjadinya gempa Palu pada 2018 silam. Sementara sebagian lainnya adalah di sekitar Pantai Talise yang rumahnya hancur akibat gempa dan tsunami.

Kenapa kami pilih Huntara Ludou Indah? Pertama, mereka belum mendapat hunian tetap. Kedua, sebagian besar kepala keluarga di sini merupakan pekerja harian lepas. Selain itu, mereka jarang mendapat bantuan karena lokasinya cukup susah dijangkau,” ucap Robby, Minggu (2/8/2020)

Penyembelihan hewan kurban di huntara ini dilakukan secara mandiri oleh para anggota dari 19 komunitas motor dengan mendatangkan salah satu ustadz agar seusai dengan syariat Islam. Sekitar 30 perwakilan kolaborasi komunitas ini bahu membahu melaksanakan kegiatan ini dengan dibantu sebagian warga huntara.

“Pendistribusian daging kurban dilakukan dengan mendatangi rumah warga di huntara ini satu per satu. Hal ini dilakukan agar pembagian adil dan seluruh kepala keluarga mendapatkan jatah paket daging kurban. Total ada 98 paket daging kurban yang dibagikan di huntara ini. Sisanya sebanyak 22 paket kami bagikan untuk tukang ojek dan tukang becak,” pungkasnya. (*/ptr/fma)

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 57 times, 1 visits today)