KPUD Morowali Temui Banyak Data Pemilih Tak Dikenal di Bahodopi

oleh -
Suasana Rapat kordinasi Pemda Morowali dan KPUD Morowali, terkait data pemilih dalam rangka Pilgub Sulteng di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali, Selasa (4/8/2020). (Foto: Humas KPUD Morowali)

MOROWALI, Kabar Selebes – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Morowali Ervan mengungkapkan, masih ada kendala pada tahapan pemutakhiran data pemilih di wilayah kecamatan Bahodopi, salah satunya masih ada pemilih yang tidak dikenal.

Hal demikian dijelaskannya pada saat melaksanakan rapat kordinasi (rakor) bersama stakeholder, membahas pemutakhiran data pemilih menjelang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah 2020, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali pada Selasa (4/8/2020).

Adapun Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Morowali, Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, KPUD Morowali, Dinas Dukcapil Morowali, Badan Kesbangpol Morowali, PT. IMIP, Camat Bahodopi, Kapolsek Bahodopi, Danramil, PPK, Panwas, dan para kepala desa se-Kecamatan Bahodopi.

Secara rinci Ervan menjelaskan, hanya ada satu Desa yang datanya sudah lengkap dari 12 desa di Kecamatan Bahodopi.

“Daerah itu ialah Desa betebete, sementara rekpaitulasi pemilih yang tidak dikenal terbanyak di Desa Lalampu, Labota dan Bahomakmur,” jelasnya.

Olehnya, Ervan berharap, agar para kepala desa dan pihak perusahaan (PT. IMIP), dapat bekerjasama PPK Bahodopi melakukan pencatatan karyawan yang masih aktif dan telah resign.

“Terutama yang berada di rumah susun (rusunawa). Sehingga nanti bisa dicocokkan dengan data penduduk yang dikeluarkan Dinas Dukcapil Morowali,” harapnya.

Selain itu ia juga mengharapkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendata penduduk yang masih berada di Kabupaten Morowali dan telah kembali ke daerah asal.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Bupati Morowali, Taslim, meminta camat dan kepala desa untuk mendukung seluruh rangkaian tahapan pelaksanaan Pilgub.

“Saya minta kepada camat dan para kepada desa yang berada di Kecamatan Bahodopi dapat membantu KPUD dalam mensosialisasikan setiap tahapan Pilgub,” jelasnya.

Taslim berharap Seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Bahodopi berperan untuk mendata secara faktual warga di lingkungannya.

Hal ini kata dia kiranya pelaksanaan Pilgub berjalan sesuai dengan harapan dan tentunya berkualitas. (ahl/ap/fma)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 82 times, 1 visits today)