Panen Perdana Bawang Putih Desa Dombu Tuai Pujian

oleh -
Salah seorang petani menunjukan hasil panen perdana bawang putih di Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi, Selasa (4/8/2020). (Foto: Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

SIGI, Kabar Selebes – Panen perdana bawang putih di desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi yang dilangsungkan Selasa (4/8/2020), mendapat pujian dari berbagai pihak.

Pujian itu salah satunya datang dari pemerintah Sulawesi Tengah dalam hal ini Mohammad Hidayat Lamakarate selaku sekertaris provinsi Sulteng.

Hidayat yang turut serta dalam panen ditengah masyarakat menyatakan, bawang putih pada panen perdana tersebut hasilnya sangat menjanjikan bahkan kualitasnya sangat memuaskan.

“Sehingga itu Pemprov dan Pemkab secara bersama-sama akan mengembangkan kawasan ini sebagai kawasan pengembangan tanaman bawang putih,” ujarnya

Selain itu Hidayat menambahkan bibit bawang putih yang di tanam merupakan bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 100 kilo yang di peruntukan untuk lahan seluas 100 hektare.

Nampak Sekdaprov Sulteng, Moh Hidayat Lamakarate bersama jajaran pemerintah terkait, saat melakukan panen perdana bawang putih di Desa Dombu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi, Selasa (4/8/2020) (Foto: Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

“Sementara penyaluran bibit tersebut melalui pemerintah Provinsi  dan kemudian lokusnya berada di Kecamatan Marawola Barat tepatnya di desa Dombu,” jelasnya

Ia berharap kedepan akan mengupayakan kabupaten Sigi khususnya di Desa Dombu kembali mendapat bantuan bibit untuk lahan seluas 65 hektare.

Demikian juga Kabid Hortikultura Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng Muhidin berharap pembinaan secara berkelanjutan kiranya penting dilakukan kepada masyarakat. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 56 times, 1 visits today)