Tagihan Listrik Membengkak? Ternyata Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Kemenkomarves bakal melakukan pengecekan ke PLN terkait tagihan listrik pelanggan dengan melibatkan Badan Siber. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
  1. Lupa Mencabut Colokan yang Tidak Perlu

Meski terdengar sepele, tahukah Anda bahwa kebiasaan lupa mencabut colokan listrik menjadi salah satu penyebab utama mengapa tagihan listrik Anda membengkak. Terlebih jika hal ini Anda lakukan setiap hari. Pasalnya, arus listrik akan tetap berjalan saat kabel colokan masih menempel pada stop kontak, sekalipun sedang tidak Anda gunakan.

Lupa mencabut colokan listrik ini seringkali terjadi setelah melakukan charging pada smartphone, laptop, atau alat elektronik lainnya. Agar arus listrik yang mengalir tidak lagi sia-sia, pastikan Anda mulai menghilangkan kebiasaan yang satu ini, ya.

  1. Menyalakan Lampu di Siang Hari

Penyebab sepele lainnya yang sering dilakukan adalah boros terhadap penggunaan lampu. Banyak dari Anda yang sering kali tetap menghidupkan lampu, meski hari sudah mulai siang. Hal ini tentu terbilang cukup sia-sia dan mubazir, pasalnya siang hari Anda bisa lebih memanfaatkan cahaya alami yang berasal dari matahari.

Mematikan lampu juga berlaku bagi Anda yang baru saja keluar dari kamar mandi. Selain wajib kembali menutup keran air dan pintu, pastikan Anda juga meninggalkan kamar mandi dalam kondisi lampu mati, ya. Menyalakan lampu kamar mandi saat tidak digunakan tentu akan sia-sia.

Lalu bagaimana solusinya jika ruangan di rumah Anda memang gelap dan tidak bisa terkena sinar matahari secara maksimal? Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lampu yang tepat.

Dibandingkan dengan menggunakan lampu biasa, akan lebih baik jika Anda menggunakan lampu LED. Meski memiliki harga yang lebih mahal, namun lampu satu ini bisa lebih menghemat energi, lho. Bahkan, kemampuannya dalam menghemat energi 90 persen lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa.

Sekalipun memiliki kapasitas watt yang sama, daya tahan lampu LED juga telah terbukti lebih baik dibandingkan dengan lampu biasa. Bagi Anda yang ingin memiliki lampu lebih hemat energi serta tidak mudah rusak, kini saatnya untuk berpaling dari lampu biasa dan mulai menggunakan lampu LED untuk memberikan penerangan di rumah Anda.

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan