Tagihan Listrik Membengkak? Ternyata Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Kemenkomarves bakal melakukan pengecekan ke PLN terkait tagihan listrik pelanggan dengan melibatkan Badan Siber. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
  1. Menggunakan AC Secara Berlebihan

AC menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang tinggal di kawasan panas. Dengan memiliki AC, kini udara di dalam rumah Anda bisa terasa lebih sejuk dan tidak lagi gerah. Hal inilah yang membuat rumah-rumah di perkotaan seringkali dilengkapi dengan AC di dalamnya. Namun terlepas dari fungsinya tersebut, tahukah Anda bahwa AC merupakan salah satu peralatan elektronik dengan konsumsi listrik yang sangat besar.

Jika tidak digunakan secara bijak, AC memiliki peran yang sangat besar dalam membuat tagihan listrik Anda membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mulai membatasi penggunaan dari AC. Nyalakan AC, jika memang dibutuhkan saja.

Jika mengurangi penggunaannya terasa sangat sulit, Anda sebaiknya membeli AC yang dilengkapi dengan teknologi hemat energi. Pasalnya, AC hemat energi seringkali dilengkapi dengan pengaturan suhu otomatis, yang mana AC akan mati snedirinya atau menurunkan suhu saat sedang tidak digunakan.

  1. Sembarangan Memilih Mesin Cuci

Agar aktivitas mencuci baju dapat terasa lebih simpel dan mudah, banyak dari Anda yang membeli sebuah mesin cuci, bukan? Alat ini akan membuat proses mencuci pakaian terasa lebih cepat. Namun pastikan Anda tidak sembarangan dalam memilih mesin cuci yang akan digunakan di rumah.

Banyak hal yang perlu diperhatikan agar penggunaan mesin cuci dapat lebih maksimal, salah satunya yakni perihal kapasitas mesin cuci. Hindari memilih kapasitas mesin cuci yang melebihi kebutuhan Anda.

Semakin besar kapasitas mesin cuci yang Anda miliki, membuat tagihan listrik di rumah Anda juga semakin besar, lho. Untuk itu, agar tagihan listrik Anda tidak membengkak dengan sia-sia, pilihlah kapasitas mesin cuci yang tidak terlalu besar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Berlebihan Menggunakan Dispenser

Selain AC, peralatan elektronik lainnya yang juga mengkonsumsi daya listrik begitu besar yakni dispenser. Dispenser memang sangat memudahkan Anda yang membutuhkan air panas dalam waktu yang singkat. Hanya dengan menekan salah satu tombol saja, secara otomatis alat ini mampu menghasilkan air panas untuk Anda, sehingga tidak heran jika banyak penikmat kopi maupun teh akan sangat terbantu berkat alat yang satu ini.

Namun bagi Anda yang ingin lebih menghemat penggunaan listrik, sebaiknya Anda mulai mengurangi penggunaan dari dispenser. Jika memang sedang tidak dalam kondisi terburu-buru, akan lebih baik jika Anda memanaskan air secara manual saat membutuhkan air panas. Meski memang membutuhkan waktu yang lebih lama, memasak air panas secara manual bisa menghemat tagihan listrik Anda.

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan