Tagihan Listrik Membengkak? Ternyata Ini Penyebabnya

Kemenkomarves bakal melakukan pengecekan ke PLN terkait tagihan listrik pelanggan dengan melibatkan Badan Siber. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
  1. Isi Kulkas Terlalu Penuh

Agar seluruh bahan masakan bisa lebih awet dan tahan lama, Anda tentu membutuhkan sebuah kulkas di rumah. Alat elektronik yang satu ini bisa membuat seluruh bahan masakan Anda tetap segar meski disimpan dalam waktu yang lama. Selain bisa digunakan untuk menyimpan aneka sayuran dan daging, Anda juga bisa menyimpan minuman di kulkas untuk membuatnya tetap segar.

Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi daya listrik yang dimiliki kulkas tergantung dari isi kulkas Anda, lho. Apabila kulkas dalam kondisi yang benar-benar penuh akan bahan makanan, hal ini akan membuat daya listrik yang dimiliki semakin besar saja.

BACA JUGA :  PLN Hadirkan Listrik 24 Jam di Desa Terpencil Sulteng dan Papua

Kondisi kulkas yang terlalu penuh, hanya akan membuat mesin bekerja dengan lebih keras untuk menyesuaikan suhu yang dibutuhkan. Secara tidak langsung, hal tersebut juga berdampak pada membengkaknya tagihan listrik Anda. Untuk menghindarinya, isi kulkas di rumah Anda dengan bijak, ya.

  1. Sering Membuka Tutup Kulkas

Masih berbicara mengenai kulkas, kebiasaan buruk seperti membuka tutup pintu kulkas juga menjadi salah satu penyebab mengapa tagihan listrik rumah Anda bisa membengkak. Meski terdengar sangat sepele, membuka tutup pintu kulkas nyatanya memang menyedot listrik dengan jumlah yang cukup besar.

BACA JUGA :  PLN Hadirkan Listrik 24 Jam di Desa Terpencil Sulteng dan Papua

Pasalnya, setiap kali Anda membuka tutup kulkas, mesin akan selalu bekerja untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Bisa dibayangkan, betapa keras kinerja yang harus dilakukan mesin jika Anda terlalu sering membuka tutup pintu kulkas.

  1. Menggunakan Water Heater Secara Berlebihan

Jika AC dibutuhkan oleh mereka yang tinggal di kawasan panas, mereka yang tinggal di kawasan dingin seringkali membeli sebuah water heater. Alat yang satu ini bisa membuat air di rumah Anda menjadi hangat. Keberadaan alat ini membuat Anda bisa dengan mudah menikmati air hangat untuk mandi.

BACA JUGA :  PLN Hadirkan Listrik 24 Jam di Desa Terpencil Sulteng dan Papua

Layaknya alat elektronik yang lain, water heater juga memiliki andil dalam mempengaruhi tagihan listrik di rumah Anda. Menggunakannya secara berlebihan tentu akan membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Untuk itu, sebaiknya Anda meminimalisir penggunaan dari water heater. Hindari juga memanfaatkan air hangat hanya untuk mencuci pakaian. Selain dapat membuat tagihan listrik membengkak, mencuci pakaian dengan air hangat hanya akan membuat pakaian menjadi lebih cepat rusak.

Silakan komentar Anda Disini....