Dosen Unsulbar Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa Lewat Pengabdian Masyarakat

oleh -
Suasana pemberian materi oleh para dosen Unsulbar dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai upaya peningkatan kapasitas aparatur desa. (Foto : Ist)

POLEWALI MANDAR, Kabar Selebes – Sejumlah dosen yang tergabung dari berbagai fakultas di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa.

Kegiatan itu dilakukan dengan cara pemberian berbagai materi oleh masing-masing dosen yang ahli pada bidangnya yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas aparatur dengan pada pengelolaan keuangan desa, kelembagaan desa, dan infrastruktur desa.

Sedangkan pematerinya, yakni Taufik Hidayat B Tahawa, S.E., M.Ak selaku ketua, Riady Ibnu Khaldun, BA.IR., M.A. dan Akbar Indrawan Saudi, S.T., M.T selaku anggota tim pengabdian, dan Erwin SE., MM. yang menyampaikan materi tentang Manajemen Desa Berdaulat.

“Sejak Senin kemarin sampai dengan hari ini, sejumlah kegiatan sedang berlangsung di Desa Sepa Batu, Kecamatan Tinambung, Kab. Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat,” kata Ketua Tim Pengabdian, Taufik Hidayat B pada Selasa (11/8/2020).

Menurut Taufik, kegiatan tersebut merupakan langkah dan upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur Desa melalui sharing informasi dari masing-masing bidang keilmuan para dosen yang terlibat dengan dukungan dari pihak LPPM-PM Unsulbar dan Kemendikbud melalui hibah DPRM Dikti.

Sementara itu, Kepala Desa Sepa Batu, Soepardi menyampaikan, bahwa sebelumnya pihak aparatur Desa dan para dosen telah melakukan komunikasi dan berdiskusi terlebih dahulu terkait dengan kondisi Desa menyangkut permasalahan pengelolaan keuangan, kelembagaan, dan infrastruktur yang dilakukan secara virtual karena terbatasnya akses akibat pandemi.

“Perlu adanya pembentukan karang taruna oleh para pemuda, aparat Desa juga membutuhkan pelatihan tentang pengelolaan keuangan, dan pembangunan infrastruktur Desa,” ujar Soepardi. (rlm/fma)

Laporan : Roy L. Mardani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 32 times, 1 visits today)