KPU Poso Baru Merampungkan 72 Persen Tahapan Coklit Data Pemilih

oleh -
Suasana dialog interaktif yang dilaksanakan KPU Poso dengan tema Ngopi Ngobrol Pilkada Sore-Sore tentang Coklit data pemilih serta pencalonan pemilihan serentak di 2020. (Foto : Ryan Dermawan/KabarSelebes.ID)

POSO, Kabar Selebes – KPU Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) hingga saat ini baru merampungkan sebanyak 72 persen tahapan Pencocokan dan Penelitian atau Coklit data pemilih yang tersebar di 19 kecamatan se-Kabupaten Poso berdasarkan data per tanggal 4 Agustus 2020.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Poso, Budiman Maliki saat menggelar media briefing melalui tema diskusi Ngopi Ngobrol Pilkada Sore-Sore tentang Coklit data pemilih serta pencalonan pemilihan serentak di 2020 yang dilaksanakan di Sekretariat KPU Poso pada Senin (10/08/2020).

Dalam kegiatan itu, hadir pula Bawaslu Poso, Kepolisian, Kesbangpol Poso, Dinkes Poso, Dinas Dukcapil Poso, dan sejumlah awak media.

Dialog interaktif bersama awak media yang berbeda dengan sebelumnya itu, dipandu langsung Komisioner KPU Poso Divisi Sosialisasi dan SDM, Wilianitia Selviana Pangeti, yang mengemukan sejumlah pertanyaan soal kerja KPU Poso seputar tahapan Pemilu.

Budiman Maliki mengatakan, sisa tugas tahapan Coklit data pemilih tinggal 28 persen lagi, dipastikan akan rampung hingga batas waktu pelaksanaannya pada 13 Agustus 2020 mendatang, dengan menjangkau total jumlah pemilih A. KWK sebanyak 153.986 orang.

Terkait pencalonan Bakal Pasangan Calon atau Bapaslon perseorangan Samsuri–Sony Sowolino kata dia, KPU Poso tengah merampungkan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) perbaikan terhadap sebanyak 5.585 dukungan, dengan sebaran di 18 kecamatan se-Kabupaten Poso.

Dalam dialog interaktif tersebut pelaksanaan tugas adhock KPU, yang bertugas ditengah mewabahnya Virus Corona, mulai dari tingkat PPK, PPS dan PPDP turut menjadi pembicaraan hangat.

Termasuk situasi keamanan yang sedang terganggu di Kabupaten Poso, khususnya disekitar Desa Sangginora, Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

Diakhir dialog tersebut, Budiman Maliki dalam closing statementnya, yang juga turut didampingi Komisioner KPU Poso Divisi Teknis Penyelenggaraan Taufik Hidayat dan Ketua Bawaslu Poso Abd Malik mengaku pihaknya tetap optimis, seluruh tahapan Pilkada serentak 2020, akan rampung sesuai jadwal pelaksanaannya.

Sehingga, dirinya pun berharap serta mengajak kepada seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama bahu membahu dalam menjalankan tugasnya masing–masing, demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta Bupati dan Wakil Bupati Poso 2020. (rdn/rlm/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 26 times, 1 visits today)