Warga Cerita Awan ‘Tsunami’ di Meulaboh Terjadi 2 Kali, Ungkap Mitos Lama

oleh -
Foto: Screenshot video viral awan tsunami di Meulaboh, Aceh

Meulaboh, Kabar Selebes – Kemunculan awan berbentuk ombak menggulung atau awan ‘tsunami’ di Meulaboh, Aceh, bikin heboh. Salah satu warga Meulaboh, Aidil, mengatakan fenomena itu terlihat dua kali kemarin.

“Kejadian pagi jam 09.00 WIB kalau sore jam 18.00 WIB. Dua kali awannya,” ujar Aidil, Selasa (11/8/2020).

Dia mengatakan awan itu muncul sekitar 30 menit pada pagi hari. Sementara, pada sore hari fenomena itu bertahan selama 10 menit.

Aidil menyebut tak ada kepanikan yang terjadi karena kemunculan awan tersebut. Meski demikian, dia mengatakan ada mitos lama yang membuat warga waspada saat awan tersebut muncul.

“Kalau panik tidak sepanik dalam bentuk tindakan, mereka hanya punya firasat bahwa itu pertanda buruk, artinya dikaitkan dengan mitos lama,” ucapnya.

Sebelumnya, dari video yang beredar, Senin (10/8), awan tersebut terlihat seperti ombak besar. Ada bagian awan yang terlihat menghitam dan ada yang putih.

Awan tersebut seperti ombak menggulung yang memanjang di langit. Menurut BMKG, fenomena ini dikenal sebagai awan Arcus atau awan tsunami.

“Awan berbentuk seperti ombak yang menggulung namanya awan Arcus atau disebut juga awan Tsunami,” kata Kasi Data BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda, Zakaria. (fma)

Sumber : Detik.com

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 59 times, 1 visits today)